ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Lebaran sebentar lagi. Sudah tidak sabar rasanya ingin menyantap berbagai hidangan khas hari raya Idul Fitri. Mulai dari opor, rendang, ketupat sayur, hingga kue-kue kering seperti nastar atau kaasstengels. Tentu semua itu sangat menggugah selera.

Eits, tapi perlu diingat. Jangan sampai berlebihan saat makan makanan Lebaran, sebab, jumlah kalori dan lemak yang masuk ke tubuh bisa sangat mengerikan. Akibatnya tidak hanya berat badan yang naik, namun juga kolestrol yang tinggi. Jika dibiarkan tentu bisa mendatangkan berbagai penyakit.

Berkaca dari itu, Head Coach DBL Academy, Madya Firman Anugerahadi memberikan beberapa tips agar badan tetap sehat dan bugar saat Lebaran. Coach Firman menyediakan tiga jenis olahraga yang bisa dilakukan ketika di rumah.

Jogging jadi salah satu olahraga yang dianjurkan agar tetap fit saat Lebaran.(Getty Images)

Tips pertama ialah latihan kardio. Bisa dimulai dengan jogging. Jika memiliki alat treadmill, kalian bisa menggunakannya. Kalau tidak, maka jogging keliling kompleks rumah sudah cukup. Pilihan lainnya yang tidak kalah menyenangkan adalah bersepeda.

"Bisa juga dengan latihan skipping. Untuk kardio maksimal dilakukan selama 30 sampai 40 menit," kata coach Firman.

Tips kedua yaitu latihan beban. Banyak yang sering mengasumsikan jenis latihan ini hanya bisa dilakukan di gym, padahal tidak. Latihan beban ada banyak jenisnya. Bahkan beberapa di antaranya tidak memerlukan alat. Sebut saja push up, sit up, back up, hingga jumping jack.

Tetapi tips terakhir pasti bikin kalian antusias. Apalagi kalau bukan berenang. Ya, olahraga ini memang sangat menarik. Tidak hanya membuat tubuh tetap sehat dan bugar, tapi bisa juga membuat otot lebih rileks sehingga tidur akan lebih nyenyak.

"Khusus untuk para atlet, sebaiknya latihan dikonsultasikan dengan pelatih masing-masing. Karena mereka memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Durasi latihan ini juga cenderung lebih lama, sekitar 60 sampai 90 menit," ujar coach Firman.

Yuk mulai terapkan pola hidup sehat dengan berolahraga. Supaya selalu bugar dan terhindar dari berbagai penyakit.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY