ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Albert Fo (28) saat membela SMA Kolese Kanisius pada perhelatan Honda DBL DKI Jakarta Series 2019 (Source: DBL Indonesia)

Rookie dalam istilah basket mengacu pada seorang pemain pendatang baru. Atau, mereka yang memulai debut pada sebuah kompetisi.

Sebagai seorang junior atau newbie, pastinya acapkali dibayang-bayangi perasaan canggung setengah mati. Apalagi jika harus bermain bersama seniornya. Mau total keluarin kemampuan, ntar dikira cari muka. Sedang-sedang aja, malah dimarahin.

Nah, bagi kalian yang bakal menjalani musim sebagai rookie, tak ada salahnya menyimak tips dari Albert Fo ini. Pasalnya, musim kemarin dia telah menjalani musim rookie dengan sensasional bersama SMA Kolese Kanisius Jakarta.

Dirinya membuktikan bisa tampil efektif bersama timnya. Terpilih sebagai pilihan utama. Bahkan, bisa membawa Kanisius juara di perhelatan Honda DBL DKI Jakarta Series-North Region 2019. Dan berhak tampil pada fase elite Championship Series.

Belum lagi, ia akhirnya juga terpilih sebagai second team Honda DBL Seri Ibu Kota. Ikutan Honda DBL Camp 2019 di Surabaya bareng ratusan student athlete berbakat dari penjuru Indonesia.

Hal itu membuktikan bahwa dengan statusnya sebagai rookie, ia mampu bersaing dengan para seniornya. Berikut ini tiga resep menjalani musim sebagai rookie ala Albert Fo:

Jangan Malas Latihan

Berjuang keras untuk mendapatkan sesuatu itu penting banget. Percuma pengin, tapi nggak ada usaha. Buat Albert, sebagai pendatang baru dia terpacu lebih sering berlatih.

Sebab, bisa jadi cara berlatih kamu dengan tim yang baru berbeda. Harus ada penyesuaian kembali dengan strategi pelatih di tim yang baru. “Latihan terus pokoknya, jangan sampai pelatih menilai kita pemain yang malas” katanya.

Sering Hangout Bareng Tim

Acap kali chemistry terbentuk dengan rekan setim, atau para senior, gak hanya saat melakukan latihan. Nah. Bisa jadi karena sering hangout bareng intisuisi bermain menjadi satu padu. 

Pastinyap anak basket sering juga dong hangout atau sekedar mengisi tenaga dengan nyari makan bareng. “Pas banget momen itu jangan dilewatkan, karena bisa jadi dari rekan setim makin asyik ke kita loh,” ucapnya.

Manfaatkan Komunikasi Pas Latihan

Selain nggak malas, pada saat berlatih kalian juga harus fokus. Jangan bercanda deh pokoknya. Selain itu, sebagai rookie pastinya harus menjalin komunikasi yang baik di lapangan. Karena itu, disaat sedang latihan perbanyaklah komunikasi. Memanfaatkan situasi latihan untuk saling tahu karakter rekan di lapangan. “Yang pasti gunain latihan buat jalin komunikasi yang baik sama teman setim,” tuturnya.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY