ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang yang berlomba diet untuk menjaga tubuhnya tetap ideal. Salah satunya dengan membatasi jumlah kalori yang masuk melalui porsi makanan.

Idealnya, dalam sehari, maksimal kamu hanya boleh mengalamai defisit sebanyak 500 kalori. Nah, dilansir dari Healthline, jika kamu terus-terusan melakukan defisit kalori lebih dari ambang batas dan secara terus-terusan, efeknya bisa bisa berbahaya loh!

1. Membuat Metabolisme Tubuh Berkurang

Verywellfit

Berdasarkan penelitian dari Erin Fothergill dan Muller M.J. diet kalori yang berlebihan dan terus-terusan justru bisa menurunkan metabolisme tubuhmu. Bahkan hingga 23 persen loh.

Hal ini punya dampak yang besar ke dalam tubuhmu. Mulai dari kehilangan masa otot karena kurangnya nutrisi, hingga tubuh yang bisa kembali gemuk akibat lambatnya metabolisme di dalam tubuh.

2. Kekurangan Nutrisi

Insider

Salah satu dampak yang paling terasa saat melakukan diet kalori adalah tubuh mudah letih. Hal ini dikarenakan tubuhmu kekurangan nutrisi yang diperlukan dalam setiap harinya. 

Tak hanya itu, kekurangan nutrisi di seperti protein, vitamin, dan Mineral juga punya dampak yang lebih luas loh. Mulai kerontokan rambut, melemahnya otot, irama jantung yang tidak stabil, hingga migrain. 

3. Melemahnya Kekuatan Tulang

Bone and Join Center

Dalam olahraga seperti basket, kekuatan tulang tentu sangat penting. Namun hal ini akan berkurang jika kamu terlalu sering kekurangan kalori. Hal ini diakibatkan dari berkurangnya produksi esterogen dan testosteron.

Hal yang nggak kalah bahaya lagi, menurut penelitian dari John S Fuqua dalam penelitiannya menyebutkan bahwa dengan lemahnya kekuatan tulang namun punya kegiatan olahraga berat dapat membuat tulang menjadi stres. Dampaknya bisa bikin mudah cedera.

4. Melemahnya Sistem Imun

Flucamp

Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, kekuatan imun bisa membantu tubuh menangkal berbagai penyakit. Nah, hal yang sebaliknya bakal muncul jika kamu terus-terusan kekurangan kalori. Tubuh kamu bakal rentan kena penyakit!

Salah satu hal yang paling mudah menyerang tubuh dalam kondisi seperti ini adalah flu. Apalagi kamu punya banyak banget aktivitas dalam sehari-harinya. Dan gak menutup kemungkinan, penyakit lain juga bakal mampir loh.

Hal yang tak kalah berbahaya dari diet kalori adalah kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)