ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Behind the back menjadi signature move dari Erlita Christiana saat men-delay serangan. Pemain SMA Gloria 1 Surabaya ini lantas membeberkan bagaimana tips dan trik agar bolanya mudah di kontrol.

Bagaimana sih cara biar jago behind the back seperti Erlita? Yuk simak!

1. Kontrol dengan Jari

Dalam basic dribble, jari tangan merupakan bagian tubuh yang paling ampuh untuk mengontrol pantulan bola. Baik dribble samping, crossover, hingga behind the back. Hal inilah yang ditekankan oleh Pemain Honda DBL Indonesia All-Star 2019 tersebut.

"Kalau nggak pakai jari, biasanya pantulannya itu nggak terkontrol. Makanya wajib banget pakai jari tangan untuk memantulkan dan menangkap pantulannya," ujar pebasket yang akrab disapa Tata ini.

2. Badan Tegak dan Buat Irama

Saat behind the back, satu hal sepele yang kerap dilakukan para pemain basket adalah badan kurang tegak dan men-dribble tanpa irama. Sense irama ini diperlukan untuk mendapatkan feel pantulan bola saat melakukan dribble.

"Kalau aku biasanya pakai lagu buat menemani latihan dribble. Jadi pantulan bolanya aku samakan dengan ketukan lagu. Dari sini, sense dribble bakal naik. Sebab terbiasa memantulkan bola dengan irama," tambah pemain yang sukses bawa gelar champion bersama SMPN 1 Blitar dan SMA Gloria 1 Surabaya tersebut.

3. Tubuh Serendah Mungkin

Satu kesalahan yang kerap dilakukan para pemain saat dribble menurut Erlita adalah tubuh kurang rendah. Selain akselerasi jadi kurang maksimal, tubuh juga akan sulit mengontrol pantulan bola. Hal ini dikarenakan posisi tangan dan bola yang terlalu jauh.

"Buat membiasakannya, cara paling gampang behind the back-nya sambil duduk di kursi. Jadi posisinya sama seperti jongkok. Itu sih yang biasanya aku lakukan," akunya.

4. Repetisi itu Perlu

Last but not least, Erlita juga menjelaskan bahwa repetisi itu perlu. Latihan dribble nggak harus selalu serius. Pasalnya latihan dribble statis juga bisa dilakukan di mana saja sambil melakukan kegiatan lainnya.

"Aku biasanya latihan dribble sambil nonton YouTube atau dengerin lagu. Yang paling penting, saat repetisi latihan itu fundamentalnya harus benar. Nggak sekadar mengulang saja," tutupnya.

Nah setelah dengerin tips dari Erlita, kamu bisa langsung coba kalahin tantangan Bonfil di ViCee Skill Challange.

Caranya ikutannya juga gampang. Nih catat baik-baik! Kalian tinggal rekam dan post video behind the back selama 15 detik kalian di Instagram story kalian. Lalu pastikan kalian follow dan tag akun @dblindonesiaofficial dan @vicee_id.

Dua orang dengan jumlah behind the back terbanyak akan mendapatkan hadiah eksklusif Basketball Exercise Starter Pack dari ViCee dan AZA Activewear. Yang berisi technical jersey t-shirt, technical jersey short, dan basketball shoes dari @dblstrore.

Tantangan ini dimulai 6 Agustus hingga 12 Agustus. Nah, biar nggak loyo dan tetap semangat. Kalian juga wajib mengonsumsi vitamin C dari ViCee. Serta selalu ingat #JAJACUTAPAMA : Jaga jarak, cuci tangan, dan pakai masker. Jadi, imunitas tubuh terjaga. Dan siap mengikuti tantangan selanjutnya. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (1)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY