ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Mimpi IGN Brahmanda untuk membahagiakan orang tuanya terwujud. Alumnus SMAN 16 Surabaya ini berhasil menembus Universitas Airlangga (Unair) lewat jalurĀ  SBMPTN. Ia akan menempuh jurusan Ilmu Administrasi Negara.

Ia bercerita, sejak awal mendaftarkan diri sudah bertakad bulat untuk komitmen dalam belajar. Bukan tanpa alasan, dengan terpilih di SBMPTN, setidaknya ia bisa meringankan beban pengeluaran kedua orang tuanya untuk pendidikan.

"Kalau mandiri kan mahal banget tuh. Makanya aku benar-benar memanfaatkan waktu buat belajar," ungkapnya.

Selain belajar sendiri, Brahmanda juga kerap memanfaatkan fasilitas belajar yang ada di bimbingan belajar. Kebetulan, ia tergabung dalam salah satu lembaga bimbingan belajar dekat sekolahnya.

Disana, ia kerap memanfaatkan fasilitas tentoring atau bertanya kepada para guru dalam mengerjakan soal.

"Kadang juga memanfaatkan YouTube sih. Kan banyak tuh, seperti bagaimana cara menyelesaikan sebuah soal. Di breakdown juga. Nggak lupa juga berdoa juga penting," tambah Brahmanda.

Untuk target ked epannya, Brahmanda mengaku belum menentukan langkah selanjutnya setelah lulus. Yang penting, ia ingin memaksimalkan kuliahnya agar bisa meraih nilai yang maksimal dan lulus tepat waktu. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY