ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Latihan fisik selalu menjadi momok bagi para atlet. Tak terkecuali pemain basket. Program latihan ini sendiri memang membuat tubuh terasa letih. Bahkan bisa bikin otot nyeri jika dilakukan dengan tidak tepat.

Meski begitu, ada lima manfaat yang wajib kamu ketahui kenapa latihan fisik wajib menjadi menu harianmu. Yang penting jangan lupa rest day ya!

1. Mengurangi Risiko Cedera

Pernah nggak sih kalian libur satu atau dua bulan latihan tanpa berolahraga sama sekali. Lalu memulai program fisik dengan intensitas tinggi secara mendadak tanpa bertahap? Pasti ada beberapa bagian otot yang nyeri kan?

Well, ini adalah salah satu contoh simpel kenapa latihan fisik seperti push up, sit up, plank, hingga squat wajib dilakukan. Dengan semakin konsisten melakukan program latihan tersebut, otot tubuh akan berkembang dan semakin kuat.

Dampaknya, kamu akan jarang mengalami nyeri otot dan terhindar dari cedera sendi seperti ankle dan lutut.

2. Bisa Semakin Gesit

Menjadi pemain yang gesit merupakan salah satu impian bagi para pemain basket. Semakin eksplosif gerakan maka akan sulit dibendung baik saat menyerang ataupun bertahan.

Nah salah satu cara paling mudah untuk meraih hal ini adalah latihan fisik. Mulai dari body weight seperti squat hingga footwork dengan ladder. Program ini akan membuat beberapa bagian ototmu mengeluarkan output tenaga yang maksimal. Sehingga bisa semakin eksplosif.

3. Mengurangi Kandungan Lemak Berlebih

Lemak memang baik untuk tubuh. Namun jika berlebihan justru bisa membuat tubuhmu kurang optimal. Salah satu cara untuk menguranginya adalah dengan melakukan latihan fisik. 

Dampaknya besar banget loh! Dengan rutin melakukan latihan fisik tekanan darahmu akan lebih sehat dan berdampak pada meningkatnya VO2 Max. Menurunkan kolesterol yang berlebih, hingga metabolisme yang lebih baik dan berdampak ke energi tubuh yang kamu dapat. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY