ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

DBL Play Skills Competition semakin dekat. Kompetisi virtual adu individual skill ini pastinya bakal berlangsung ketat. Karena akan mempertemukan antar atlet pelajar se-tanah air.

Oleh karena itu persiapan para peserta harus semakin dipertebal. Supaya bisa mengerjakan setiap challenge yang diberikan.

Nah, biar persiapan kalian makin matang, coba deh tonton empat video dari YouTube DBL Play berikut ini buat refrensi materi latihan kalian, check this out!

Episode: Tutorial Basket “Dribbling”

Dribble merupakan hal basic dalam basket. Pada episode ini, coach Dimaz Muharry bersama Nuke Tri Saputra memberikan pengetahuan soal fundamental dribble.

Pada dasarnya, saat melakukan dribble, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan tidak boleh dilakukan. Yaitu badan cenderung membukung, lalu bola terlalu jauh dari genggaman, dan pandangan melihat ke bawah.

Hal itu harus dihindari, sebab jika pemain melakukan hal tersebut, tentunya lawan akan sangat mudah mencuri bola yang sedang dikuasai. Selain itu coach Dimaz juga menambahkan kalau saat dribble kanan, posisi tangan dan kaki kiri harus berlawanan. Tujuannya adalah untuk melindungi supaya penguasaan bola tidak diambil lawan.

Episode: Tutorial Basket “Shooting”

Peserta DBL Play Skills Competition akan saling adu skill indivdu. Shooting jadi salah satu challenge yang mesti dihadapi. Nah, kalian bisa tonton episode ini. Coach Dimaz bersama Jarron Crump membahas cara shooting yang baik. Menurut Jarron, fundamental, keseimbangan, dan latihan terus menerus merupakan modal awal untuk berlatih shooting yang baik.

Jarron juga menambahkan, dalam fundamental shooting, dikenal istiah B.E.E.F. Yaitu Balance, Eyes, Elbow, dan Follow through. Biar balance, kalian bisa membuka kaki selebar bahu dengan posisi badan setengah jongkok.

Lalu fokuskan mata ke arah ring, posisi siku membentuk 90 derajat, dan tembak bolanya. Agar putaran bola bagus, usahakan jari-jari kalian mengarah ke ring basket dan pergalangan tangan ditekuk menyerupai leher angsa.

Episode: Meningkatkan Ball Handling

Ada berbagai macam cara untuk meningkatkan ball handling. Pada episode ini, Kaleb Ramot Gemilang dan Widyanta Putra Teja menjelaskan soal dribble, between the leg in and out, dan crossover. Pertama Kaleb dan Widy memperaktekan soal dribble.

Ada tiga level dalam dribble. Yaitu low dribble (di bawah lutut), medium dribble (di atas lutut), dan high dribble dengan menggunakan power yang lebih. Atau juga bisa melakukan double dribble, dengan dua bola pada tangan kanan dan kiri.

Lalu ada pula crossover dan between the leg. Dua gerakan ini hampir mirip. Intinya, saat melakukan crossover atau between the leg, posisi kaki seperti jongkok namun badan tidak boleh bungkuk. Dan untuk gerakan in and out lakukan dribble secara melingkar dengan arah yang berlawanan.

Episode: Trik Agar Bola Lengket di Tangan

Masih seputar ball handling. Tapi, bedanya di episode ini lebih membahas next level dari drill ball handling, biar lengket sama tangan. Coach Nanda bersama Alan Sitorus (Honda DBL All Sar 2018) membeberkan drill ball handling yang baik.

Pertama kalian bisa lakukan dengan tiga basic leve dribble. Yaitu low dribble, medium dribble, dan high dribble.  Setelahnya, kalian bisa kombinasikan ketiganya secara bergantian.

Bisa saling berganti antara dribble kiri dan kanan. Ulangi terus, lakukan drill ini dengan kekuatan 100 persen. Biar nantinya kalian akan mendapat hasil yang maksimal.

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY