ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Mike Budenholzer (kanan) pelatih Milwaukee Bucks (source: eurohoops.net)

NBA sempat terhenti lantaran pandemi menghantam. Sebelum akhirnya kompetisi dilanjutkan dengan sistem gelembung pada Agustus hingga Oktober 2020 lalu. Nah, kekosongan kompetisi seperti itu bisa jadi berdampak pada psikologis pemain. Akhirnya para peserta NBA mencari cara agar pemain tidak kehilangn mental bertanding.

Salah satu yang cukup sukses melakukan itu adalah Milwaukee Bucks. Klub ini punya cara tersendiri dalam menjaga mental bertanding para pemainnya. Mike Budenholzer pelatih Bucks, selalu menegaskan pada pemainnya untuk tidak berhenti berlatih walaupun hanya dilakukan di rumah. Selain itu, pelatih berusia 51 tahun itu menambahkan, timnya banyak menganalisa pertandingan.

"Skuad berhubungan melalui grup dan fokusnya adalah menonton dan menganalisis pertandingan. Mereka juga praktek dan latihan di dalam ruangan," kata Budenholzer. 

Bagi Budenholzer, menjaga mentalitas bertanding pemain begitu penting. Soalnya, balik lagi olahraga basket adalah olahraga kebiasaan. Jika tidak dipacu, bisa jadi skill dan mental juga menurun.

"Kami fokus buat menjadi lebih baik setiap hari. Tidak memikirkan tentang kejuaraan atau final atau lawan yang akan kami jumpai nantinya. Tetapi benar-benar memikirkan bagaimana caranya untuk meningkatkan diri di setiap harinya," timpal Budenholzer.

Tentu, hal itu bisa banget ditiru oleh para tim basket yang bakal kembali berlaga di DBL 2021 mendatang. Seperti yang sudah diketahui, dikutip dari Instagram resmi @dblmataram, liga basket pelajar terbesar se-Indonesia ini akan segera digelar.

Jika dihitung kembali, hampir satu tahun kompetisi level SMA nihil. Para pemain yang biasanya aktif berlomba, tapi terpaksa harus menepi karena pandemi. Nah, jika belajar dari Milwaukee Bucks, kalian tentu harus terus rajin berlatih dong buat meningkatkan kemampuan diri. Selain itu sering-sering juga menonton pertandingan basket. Kan di DBL Play ada banyak rekaman video pertandingan-pertandingan keren sepanjang DBL 2019. Tapi tetap ingat ya, harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY