ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Chet Holmgren (source: Lant-Grant Holy Land)

Nama Chet Holmgren jadi bahan pembicaraan publik di Amerika, setelah dirinya dinobatkan sebagai Boys High School Basketball Player of the Year by McDonald’s 2021. Gelar ini juga pernah didapatkan oleh beberapa pemain top NBA. Seperti, LeBron James, Ben Simmons, James Wiseman, dan Evan Mobley.

Nama Holmgren pun berhasil mendapatkan gelar bergengsi tingkat SMA buat tahun ini. Bahkan, cowok berusia kelahiran 1 Mei 2002 itu udah dilirik oleh beberapa perguruan tinggi ternama di Amerika. Nggak heran, soalnya di usianya yang baru masuk 18 tahun tingginya udah mencapai 2,16 meter loh.

Sekarang ini, Holmgren bermain untuk Minnehaha Academy, Minnesota. Postur dan kemampuan basket Holmgren diwarisi oleh ayahnya, Dave Holmgren. Ayahnya pernah bermain di NCAA bersama perguruan tinggi di Minnesota pada tahun 1984 hingga 1988. Tinggi Dave juga mencapai 2,13 meter.

Pada tahun pertamanya di sekolah menengah, Holmgren mencetak rata-rata 6,2 poin dan 3,0 rebound per pertandingan. Memasuki tahun kedua, catatannya makin meningkat. Holmgren mencetak 18,6 poin dan 11,0 rebound per game.

Di satu pertandingan, pada 4 Januari tahun lalu, ketika timnya bersua Sierra Canyon School, Holmgren berhasil mendulang 9 poin, 10 rebound, dan 12 block. Dari situlah namanya jadi bahan pembicaraan. Sebab, pertandingan tersebut disiarkan di televisi nasional.

Secara total selama menjadi pemain Minhaha Academy, Holmgren mencetak rata-rata 20,6 poin, 12,6 rebound, 5,2 block, dan 4,5 asisst per game.

“Merupakan suatu kehormatan saya bisa terpilih sebagai pemain terbaik. Tapi saya tidak menjadikan ini sebagai tujuan akhir. Saya akan bekerja keras membangun karier saya,” kata Holmgren, dilansir Yahoo!Sports.

Saat ini ada beberapa perguruan tinggi yang sudah antri untuk merekrutnya. Ada Georgetown, Memphis, Michigan, Minnesota, North Carolina, Ohio State, dan Gonzaga. Namun, dari semua daftar itu, Gonzaga jadi perguruan tinggi favorit bagi Holmgren. Soalnya, di sana ada Jalen Suggs, mantan rekannya di Minhaha yang kini melanjutkan pendidikan di Gonzaga. Suggs sendiri sukses membuat Gonzaga melaju ke Final Four NCAA.

“Jalen (Suggs) akan memberi dorongan pada saya untuk bergabung dengannya. Dia pemain hebat, senang bisa bermain dengannya. Tetapi saya masih punya beberapa bulan untuk meningkatkan kemampuan saya, sebelum memutuskan akan bermain di kampus pilihan saja,” ungkapnya.

Chet Holmgren sendiri bermain di posisi lima. Beberapa pengamat basket menilai dia lebih dari sekadar center murni. Karena, ia bisa bergerak aktif dan menambak. Bahkan, lompatannya juga lebih bagus dari seorang forward. Rentang tangan Homgreen bisa mencapai 2,29 meter. Membuat dirinya sangat dominan saat berebut rebound dan menghalau tembakan lawan. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY