ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Setiap drill ketika latihan pasti punya manfaatnya masing-masing. Termasuk, ketika kalian melakukan jumping rope. Yaps, latihan ini merupakan bagian dari conditioning drill. Untuk melakukan hal ini, emang terlihat gampang sih. Tapi, kalian juga harus bisa membiasakan diri juga loh. Sebab gerakan ini harus menyelaraskan beberapa bagian tubuh.

Secara gerakan, jumping rope sendiri punya beberapa manfaat. Diantaranya, bisa menguatkan otot perut dan kaki, membakar kalori, serta memperkuat stamina. Tapi, ada satu hal yang mungkin belum banyak orang tahu. Yaitu jumping rope ini punya manfaat ajaib yaitu bikin tubuh bisa makin kompak, Loh kok bisa?

Seorang personal trainee asal Los Angeles, Amerika Serikat, Morgan Rees menyebutkan bahwa ketika kalian melakukan jumping rope atau lompat tali diperlukan koordinasi baik antar bagian tubuh. Terutama ketika kalian mulai melakukan variasi lompatan. Misalnya, ketika maju ke depan, ataupun mengayunkan tali dua kali dengan cepat dalam setiap lompatan.

“Lompat tali meningkatkan koordinasi dengan mengharuskan beberapa bagian tubuh berkomunikasi untuk menyelesaikan satu gerakan,” kata Rees. “Kaki harus melompat tepat waktu dengan pergelangan tangan berputar untuk menciptakan gerakan lompatan yang berkelanjutan,” lanjut lulusan Indiana University, jurusan ilmu kinesiologi itu.

Hal itu juga pernah dibuktikan dalam sebuah jurnal Department of Adapted Physical Activity, dari Universitas Nazarene, Korea Selatan pada tahun 2017 yang menulis bahwa lompat tali membantu meningkatkan koordinasi motorik di antara anak-anak autis. Yang sering kesulitan dengan keseimbangan dan koordinasi.

Studi lainnya, yang lebih dulu terbit yaitu pada tahun 2015. Dikutip dari Journal of Sports Science & Medicine, Medical Faculty Uludag University, Turkey juga menuliskan lompat tali menunjukkan keterampilan motorik yang lebih baik setelah 8 minggu, daripada mereka yang hanya melakukan latihan sepak bola.

Gerakan motorik ini terdapat pada tiga anggota tubuh, yaitu mata, tangan, dan kaki. Masing-masing anggota tubuh itu bekerja bersamaan. Mata berfungsi buat melihat ke depan dan harus terjaga konsentrasinya. Lalu ada tangan yang fokus untuk menjaga ayunan tangan. Serta kaki, yang mesti lompat menyesuaikan dengan ritme ayunan tali.

Ketiga koordinasi gerakan tubuh ini juga berdampak buat meningkatkan skill basket kalian loh. Dikutip dari sportsrec.com, manfaat itu akan berdampak pada passing, shooting, catching, dribbling. Soalnya, basket merupakan olahraga yang menuntut semua tubuh bisa bergerak bersamaan.

So, buat lebih detailnya kalian bisa tonton video Dr Drill yang membahas soal jumping rope hanya di channel YouTube DBL Play! (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)