ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Nuke Spautra (source: Mainbasket.com)

Memiliki postur tinggi dan besar bukan jaminan bisa jadi pemain basket hebat loh. Sebab, semua skill dalam basket bisa dilatih, asal ada kemauan. Jadi, jangan jiper kalau kamu masuk pemain bertipikal small man.

Justru, sebagai seorang pemain “kecil” kamu harus bisa memanfaatkan kelincahan badan kamu. Nah, salah satu skil yang bisa kamu gunakan di lapangan adalah gerakan up and under layup.  Pada dasarnya, gerakan satu ini merupakan tingkat lanjutan dari layup.

Ketika hendak finishing, kamu bisa mengecoh lawan dengan berpura-pura menaruh bola ke ring, padahal gerakan tangan kamu mengarah ke bawah sebelum mengangkat tangan untuk mengarahkan bola kembali ke ring.

Di episode terbaru Tricky Tricks, pemain yang membela KAI Bima Perkasa Jogjakarta di IBL 2021 lalu, Nuke Saputra menjelaskan hal penting apa yang mesti kamu latih supaya bisa dengan baik melakukan up and under layup ini. “Yang terpenting kita harus latih otot inti (perut) dan otot lower body, yaitu kaki dan paha,” ucapnya.

Di sini, Nuke dan juga coach Alvian sangat menekankan kamu untuk melatih kedua otot bagian tersebut. Soalnya, ketika melakukan skill advance ini gerakan sangat bertumpu pada dia bagian otot itu. Apalagi bagian kaki, yang dijadikan sebagai tumpuan baik saat loncat maupun ketika mendarat. “Dengan begitu, kamu bisa hanging atau terbang lebih lama di udara,” timpal coach Alvian.

Gerakan satu ini juga memerlukan kecerdikan pemain di lapangan. Oleh sebab itu, sebagai pemain basket, kamu juga harus mengasah visi bermain. Dengan begitu, kamu bisa membaca pergerakan lawan dan bisa mengambil celah dari musuh kamu. “Ini adalah gerakan yang tiba-tiba, balik lagi kamu harus bisa read defender,” ujar Nuke.

Yaps, buat kamu yang pengin gimana gerakan ini, mending kamu langsung aja nonton Tricky Tricks di channel YouTube DBL Play, episode Up And Under Lay Up, Cara Cepat Lolos dari Big Man - Tricky Trick With Nuke Saputra di bawah ini. Jangan lupa nyalakan notifikasi channel YouTube DBL Play, biar nggak ketinggalan video lainnya. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY