ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

(Source: GQ Media)

Kalau nonton pemain NBA tanding, rasanya enak banget dan kelihatan mudah buat cetak poin dengan nge-dunk. Tapi, ternyata hal itu nggak semudah yang kita kira. Soalnya, buat bisa ­nge-dunk juga diperlukan latihan. Karena jika salah bisa jadi dunk kalian gagal dan juga berisiko cedera. Nah, berikut ini ada 5 menu latihan dari coach Alvian dan Indra Muhammad, biar kalian kuat ketika melakukan dunk, check this out gengs!

1. Jumping Rope

Ketika melakukan dunk, hal utama yang perlu diperhatikan adalah loncatan. Bukan hanya tinggi badan aja, seoran pemain yang nggak memiliki fisik tinggi, juga bisa nge-dunk kalau punya lomapatan tinggi. Karena itu seorang pemain mesti melatih vertical jump supaya bisa menggapai bibir ring. Salah satu latihannya adalah dengan melakukan jumping rope.

Ketika melakukan jumping rope, otot bagian bawah akan terlatih. Hal itu bakal berpengaruh kepada kinerja otot, apalagi ketika melakukan lompatan sebelum nge-dunk. Selain berpengaruh buat otot, jumping rope juga punya manfaat lain loh, yaitu membantu gerak tubuh makin kompak. Nah, coba lakukan sebanyak 20 kali dengan 3 kali repitisi.

Baca Juga: Dr Drill Eps 8: Latihan Jumping Rope Punya Manfaat Ajaib Loh, Wah Apa Tuh?

2. Up Toes

Sederhananya, latihan ini seperti gerakan jinjit yang bertumpu pada jari-jari kalian. Eits, secara gerakan, drill satu ini memang terlihat mudah. Tapi, manfaatnya banyak loh. Salah satunya adalah bisa memperkuat kaki kalian dan pergelangan kaki agar tidak gampang cedera ankle.

Selain itu, dengan latihan jinjit ini juga memperkuat betis kalian, yang berpengaruh ketika melakukan dunk. Kalian bisa coba lakukan up toes sebanyak 20 kali hitungan dan ulangi dalam 3 kali repitisi.

3. Jump and Land

Latihan ini akan memperkuat bagian otot paha dan kaki, yang mana kedua otot tersebut jadi fundamental ketika kalian pengin jago nge-dunk. Secara gerakan, latihan jump and land ini seperti gerakan squat. Bedanya, kalian harus mendorong kaki kalian untuk melompat dan menjadikan kaki kalian sebagai tumpuan ketika mendarat ke tanah.

Selain itu, pastikan juga kerendahan tubuh kalian. Ketika squat kalian seperti melakuakan jongkok, tapi ketika jump and land, tubuh kalian nggak boleh rendah pada saat mendarat. Masih sama seperti dua gerakan sebelumnya, lakukan jump and land sebanyakan 20 kali dan lakukan 3 kali repitisi.

4. Plank

Seperti yang udah pernah dibahas sebelumnya, tujuan exercise ini adalah melatih core muscle atau otot inti. Sangat penting dalam meningkatkan keseimbangan atau stabilitas tubuh saat bermain basket. Indra Muhmmad juga menegaskan bahwa otot perut jadi satu tumpuan ketika bermain basket.

Nah, plank ini terdiri dari beragam macam gerakan dan durasi waktu, seberapa kuat kalian melakukan plank. Tapi, coach Alvian memberikan catatan buat plank bisa kalian lakukan dala waktu 15-30 detik dan ulangi sebanyak 3 kali set.

Baca Juga: 5 Drill Plank ala Abraham Damar, Cobain ya Biar Otot Tubuhmu Makin Kuat!

5. Sit Up

Melakukan sit up secara teratur bisa membantu kalian meningkatkan kekuatan otot inti kalian loh. Jadi, latihan ini juga dimasukkan ke dalam list biar kalian makin jago nge-dunk. Nah, sit up ini sendiri terfokus untuk memnguatkan perut, termasuk untuk membantu kalian membakar lemak yang ada dalam bagian perut kalian. Sama seperti plank, coba lakukan dalam waktu 15-30 detik dan bagi ke dalam 3 set.

Nah buat kalian yang ingin melihat detail gerakan dari setiap latihannya, kalian bisa cek video lengkapnya hanya di YouTube DBL Play di bawah ini yaa guys! (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS