ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Coach Didit ketika memberi materi di DBL Academy Holiday Camp 2019 (foto: Dika Kawengian/DBL Indonesia)

Setelah hiatus satu tahun lebih, Honda DBL bakal kembali bergulir pada Oktober bulan depan. DKI Jakarta jadi kota awal penyelenggaraan, disusul Surabaya yang jadi tuan rumah seri Jawa Timur nantinya. Nah, tentunya dengan kembali diadakannya kembali Honda DBL 2021-2022 banyak persiapan yang mesti kalian siapkan.

Salah satunya ini mengenai asupan yang mesti kalian atur. Coach Didit Pamungkas, ahli nutrisi DBL Academy membagikan tips soal asupan yang kalian makan. Baik sebelum latihan, ketika latihan, dan setelah latihan, supaya kalian bisa tampil maksimal ketika pertandingan nanti.

Nah, untuk asupan sebelum latihan, baiknya kalian konsumsi makanan yang bergizi. Seperti roti, pasta, kentang, ataupun nasi. Jenis karbohidrat tersebut nantinya bisa berpengaruh pada kekuatan kalian selama melahap menu latihan dengan intensitas tinggi. 

“Makanan ini memiliki indeks glikemik rendah, nantinya dapat menghasilkan peningkatan bertahap, dalam kadar gula darah dan memberikan energi berkelanjutan,” ucap coach Didit. Selain itu, protein tambahan seperti ikan, ayam, telur, dan kacang-kacangan juga bisa disantap sebelum latihan.

“Karena itu akan membantu mengurangi kerusakan otot selama latihan, hindari konsumsi banyak lemak, dan pastikan kalian konsumsi 2-4 jam sebelum latihan,” ucap coach Didit. Begitupun ketika kalian sedang dalam latihan. Siapkan asupan juga penting. Guna menjaga energi yang terkuras saat latihan.

“Jika latihan dibawah satu jam, cukup sediakan air putih, minum setelah 30 menit pertama, atau bisa setiap 15-30 menit sekitar 100-250ml,” tandas coach Didit. “Sebaliknya, jika latihannya lebih dari satu jam, bisa siapkan tambahan seperti buah pisang, sereal bar, dan minuman isotonik,” timpalnya.

Satu lagi yang nggak boleh terlupakan adalah kalian wajib menjaga asupan setelah latihan. Sebab, disinilah makanan yang kalian konsumsi bisa memperbaiki dan membangun kembali jaringan otot kalian. Yaitu dengan mengonsumsi karbohidrat plus protein guna mendorong pemulihan simpanan glikogen dan jaringan otot lebih cepat.

Di sisi lain, kalian juga bisa kok konsumsi snack after practice. Coach Didit menyarankan untuk recover, kalian bisa memilih susu rendah lemak, susu rasa, buah dengan yoghurt, atau milkshake. “Susu memiliki kandungan elektrolit yang tinggi secara alami. Dengan konsumsi susu akan lebih sedikit meredakan nyeri otot dan lebih cepat memulihkan otot dibandingkan air,” tutur coach Didit.

So, gimana gengs? Sudah siap back to the game? See you on court kiddos! (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)