ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Preview SMA Kuntum Cemerlang vs SMAN 9 Bandung

Sama-Sama Disiplin Lini Pertahanan

DBL Indonesia - 09 November 2021

Lanjutan Honda DBL 2021 West Java Series, pada Selasa (8/11) hari ini, akan menghadirkan duel yang tak boleh dilewatkan. Salah satunya adalah tim debutan SMA Kuntum Cemerlang yang bakal bersua SMAN 9 Bandung (Sembilan), pada pukul 14:00 WIB siang ini. Laga ini akan ditayangkan secara live streaming di aplikasi DBL Play.

Hasil drawing yang mempertemukan SMA Kuntum Cemerlang versus SMAN 9 Bandung di ronde pertama pergelaran Honda DBL 2021 West Java Series menjadi sebuah peraduan menarik. Mengingat rekam jejak kedua tim yang begitu kontras namun tetap identik dalam semangat untuk menjaga pola defense yang disiplin.

“Saya menekankan anak-anak untuk defense, defense, dan defense,” tegas Rizky Baenur selaku asisten pelatih dari Sembilan (julukan SMAN 9 Bandung). Sesi latihan singkat Sembilan yang hanya berlangsung selama 14 hari pun alhasil ditekankan pada penerapan pola defense. Rizky menambahkan bahwa permainan defense yang disiplin akan berbuah menjadi kesempatan offense.

Hal senada disuarakan pula oleh Fabian Pasha selaku forward SKC (julukan Kuntum Cemerlang). Ia menuturkanmengenai pentingnya berlatih pola defense serta latihan fisik. “Kita tahu permainan dan kondisi fisik pemain SMAN 9 sangat bagus,” ucapnya.

Sementara pada sisi pertahanan, pelatih SKC, Tri Wilopo memiliki strategi tersendiri. “Kita akan menunjukkan gaya permainan Kuntum Cemerlang ketika menyerang,” ujarnya. Permainan yang dimaksud oleh Tri adalah gaya bermain cepat yang juga mengandalkan tembakan dari luar garis tiga angka serta perimeter.” Yang paling penting pemain tidak takut dan jangan ragu,” tambahnya.

Gelaran Honda seri Jabar ini merupakan debut pertama keikutsertaan SKC. Prestasi tim basket mereka perlahan mulai dibangun saat berhasil memenangkan beberapa kompetisi baik di Bandung maupun di luar domisili. Kondisi Pandemi menjadi tantangan tersendiri untuk mempersiapkan tim. Namun, Tri menegaskan bahwa anak didiknya telah cukup bersiap diri untuk menghadapi kompetisi. “Pihak sekolah juga mendukung siswanya untuk bertanding,” jelasnya.

Sementara, dari sis lawan Sembilan sendiri bukan tim sembarangan. Mereka punya empat gelar Honda DBL seri Jabar. Ditambah catatan back to back champion juga kawin gelar dengan tim putrinya pada tahun 2014 dan 2015.

Jelas secara torehan, Sembilan memiliki keunggulan dalam segi pengalaman. Faktor ini dapat berpengaruh tidak hanya pada ketangguhan mental lawan mainnya. Coach Rizky menjelaskan anak didiknya tetap melakukan yang terbaik.

“Kami juga sudah memberi latihan berupa tekanan mental ketika pemain merasa pemain sedang dalam kondisi lelah atau melakukan kesalahan, itu ditujukan untuk melatih mental mereka,” jelas coach Rizky. (axl)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY