ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

GELARAN liga basket pelajar terbesar tanah air, Honda Developmental Basketball League (Honda DBL) 2021 West Sumatera Series akan mulai bergulir Sabtu  (11/12). Berlangsung di GOR Prayoga, Kota Padang. Hingga 17 Desember mendatang. Sebanyak 24 tim, terdiri dari 15 tim putra dan sembilan tim putri siap bersaing untuk merebut gelar champion Seri Sumatera Barat musim ini.

Opening party atau hari pertama akan langsung dibuka dengan menyajikan laga sengit dua tim kuat asal Padang. Mempertemukan tim putra SMA Don Bosco yang akan berhadapan dengan MA Ar-Risalah. Sebagai informasi, keduanya adalah finalis Honda DBL edisi 2019 lalu.

Duel kedua tim ini bisa disaksikan livestreaming secara gratis melalui aplikasi DBL Play, yang dapat diunduh secara cuma-cuma di PlayStore dan App Store. Suporter dan alumni masing-masing sekolah juga bisa menikmati livestreaming dari kanal YouTube, melalui  akun DBL Play atau Padang TV. Mulai pukul 16.00 WIB.

Bak final kepagian. Kedua tim yang sama-sama berstatus unggulan ini mau tidak mau harus saling jegal pada babak awal. Dengan sistem gugur, berarti salah satu dari mereka akan langsung tersisih.

Menghadapi situasi do or die ini, kedua tim sama-sama menatap laga awal ini dengan penuh optimitistis. Coach Ilham Orlando, pelatih DB (julukan SMA Don Bosco) mengatakan persiapan timnya sudah sangat matang. Termasuk menghadapi MA Ar-Risalah pada  laga pembuka Honda DBL 2021 West Sumatera Series.

“Meski sempat tertunda karena pandemi Covid-19, kami secara intens dan konsisten mempersiapkan diri demi mempertahankan gelar juara. Kurang lebih setahun terakhir kami terus berlatih. Walau beberapa program latihan sempat terganggu lantaran situasi tidak memungkinkan berlatih bersama,” ucap Coach Ilham.

Coach Ilham sangat memahami tekanan dan tuntutan besar yang harus dipikul oleh anak didiknya. Mengingat status tim putra DB sebagai juara bertahan. Ditambah, beban mental sebagai tim yang memiliki tradisi menjadi champion paling banyak di pentas Honda DBL Seri Sumbar.

Sebagai informasi, dari sembilan kali edisi penyelenggaraan Honda DBL Seri Sumbar sejak 2011 silam, tim putra DB telah sukses tujuh kali keluar sebagai champion. Masing-masing dicatatkan pada edisi 2019, 2018, 2016, 2015, 2014, 2013, serta 2011 silam.

Selain menghadapi tuntutan menjadi champion, Coach Ilham juga mewanti-wanti anak didiknya agar tidak over confidence menghadapi setiap lawannya. Termasuk MA Ar-Risalah, yang pernah kalahkan pada final party edisi 2019 lalu.

”Saya ingatkan anak-anak agar tidak meremehkan MA Ar-Risalah. Mereka tim kuda hitam pada edisi 2019 lalu. Ditambah motivasi revans, mereka patut untuk diwaspadai. Spirit nothing to lose yang tinggi itu terbukti pada final tahun 2019 kemarin. Kami cukup kesulitan menghadapi mereka, namun kembali lagi ini adalah permainan kalah dan menang kami sudah siap untuk itu,”ujarnya.

Dipihak lawan, pelatih MA Ar-Risalah Muhammad Juhdi mengatakan juga siap untuk berlaga kembali dengan SMA Don Bosco. Tidak ingin mengingat kenangan pahit , MA Ar-Risalah siap menampilkan permainan terbaik agar dapat mengalahkan sang juara bertahan.

Meski demikian, Juhdi mengakui pemain mengalami kekurangan latihan selama pandemi. Pasalnya, kegiatan tatap muka MA Ar-Risalah ditutup total untuk umum sebelum penurunan level PPKM beberapa bulan yang lalu.

“Persiapan kami hanya dua bulan sebelum pertandingan, hal itu disebabkan kebijakan sekolah untuk mencegah kasus Covid-19. Tentunya dengan waktu yang tersedia kami harus bisa meningkatkan performa,” ujar Coach Juhdi.

Coach Juhdi sendiri memanfaatkan waktu yang singkat dengan berlatih tanding dengan alumni dan beberapa sekolah untuk menajamkan insting pemain anak didiknya. “SMA Don Bosco bukan lawan yang mudah, dan dari segi pengalaman kami memang kalah dari mereka. Namun kami yakin dan percaya untuk tahun ini kami bisa kembali menembus babak final dan membawa pulang trofi champion Honda DBL 2021 West Sumatera series,” tegasnya.(cr1)

 

 

 

 

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY