ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Laga terakhir Fantastic Four Honda DBL 2021-2022 East Kalimantan Series embuat para penonton yang hadir di GOR Sempaja ataupun livestream terhibur. Pasalnya, baik tim putri SMAN 1 Balikpapan (Smansa) dan SMA SF Assisi sama-sama tampil all out.

Melalui pertarungan sengit sepanjang kuarter, Smansa memenangi laga ini dengan skor 46-16. Kemenangan ini membawa Smansa melangkah ke final dan akan berhadapan dengan SMKN 2 Balikpapan.

Putri Smansa tampil ofensif di kuarter pertama. Tim lawan tak henti-hentinya berupaya menghalau bola menjauh dari paint area-nya. Namun pertahanan tim Assisi buyar memasuki menit kedua. Tembakan dua poin Mennaqea Bian melesak mulus dan membuat Smansa bisa unggul. Sejak saat itu, Smansa kian mudah membobol pertahanan Assisi.

Defense yang solid juga diperagakan Smansa. Karena itu, Assisi dibuat frustasi untuk membongkar pertahanan Smansa. Tak heran jika Assisi dibuat scoreless di kuarter pertama.

Tak disangka, permainan tim Smansa tiba-tiba menurun didua kuarter selanjutnya. Tak hanya serangan, defense Smansa pun nampak kacau dan sering melakukan turnovers. Total 34 turnovers diciptakan Smansa pada pertandingan ini. Sebagian besar terjadi pada kuarter dua dan tiga.

Selama kuarter dua dan tiga berlangsung, Smansa hanya bisa mencetak 12 poin saja. Meski tak lebih banyak dari perolehan Smansa, tapi Assisi menunjukkan progres dengan torehan 12 poin. Bahkan, 10 diantaranya tercipta di kuarter tiga.

Mendapat suntikan semangat dari sang pelatih, putri Smansa tampil menggila di kuarter akhir. Hanya dalam waktu 10 menit, Smansa bisa membukukan 21 poin. Kekacauan yang terjadi di pertahanan Smansa seperti dua kuarter sebelumnya, kini tak nampak. Mereka bisa memutus serangan Assisi di dalam atau luar paint area.

Smansa sebenarnya bisa mencetak lebih banyak poin dari pencapaiannya ini. Hanya saja, mereka masih kurang tenang dalam memaksimalkan peluang akhir. Buktinya, dari 83 peluang yang didapat, hanya 21 diantaranya yang bisa membuahkan poin.

Tapi, Smansa punya keunggulan lain dari tim Assisi. Yakni dalam hal mengamankan bola. Itu terlihat dari capaian 56 total rebounds dan 31 steals yang dilakukan tim Smansa di pertandingan ini.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY