ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Fantastic Four DBL Surabaya

Otw Final: Sinlui Lagi, Atau Era Kebangkitan Frateran?

Jingga Irawan - 18 September 2022
Cliff Louis (Kiri) dan Michael Henry Laksmana (Kanan)

Honda DBL with KFC 2022 East Java Series - North Region akan mencapai puncaknya. Jadwal Fantastic Four untuk tim putra sudah keluar. Saatnya kita melihat pertandingan empat sekolah sangar. Bagi abas di wilayah Gerbangkertosusila, partai semi final kali ini mungkin tak seperti prediksi awal.

Pada Minggu, 18 September 2022, SMA St. Louis 1 (Sinlui) Surabaya akan berhadapan dengan SMA Frateran Surabaya. Sementara SMAN 2 Surabaya akan melawan SMAN 1 Waru Sidoarjo. Namun, jadwal pertandingan yang pertama, antara Sinlui dan Frateran, menjadi sorotan hari ini.

Juara bertahan tiga tahun terakhir, Sinlui, kembali berada di jalur final. Tetapi di seberangnya juga ada jawara kuat tujuh tahun lalu, yakni SMA Frateran Surabaya. Siapakah di antara kedua sekolah yang akan mengambil posisi di final Seri Surabaya tahun 2022? Kita flashback sebentar, yuk.

Tak diragukan lagi bahwa Sinlui masih berjaya. Setelah berhasil menyingkirkan tim putra SMA Gloria 1 Surabaya pada laga Sweet Sixteen pekan lalu, banyak penggemar Honda DBL memprediksi tak ada lagi kerikil tajam bagi Sinlui untuk jadi juara. Padahal, lawannya di babak Fantastic Four kali ini juga menjuarai Honda DBL sebanyak tiga musim.

SMA Frateran Surabaya menyabet kampiun pada tahun 2010, dan dua tahun berturut-turut, yakni 2013 dan 2014. Bahkan pada 2010, Frateran kawin gelar dengan tim putrinya. Meskipun gelar juara yang diakuisisi oleh Sinlui lebih banyak, bukan berarti tim putra Frateran adalah lawan yang remeh.

Baca Juga: Fantastic Four DBL Surabaya: Empat Tim, Dua Filosofi!

Putra Frateran pernah menyulitkan Sinlui di tahun 2019. Tepatnya pada babak Sweet Sixteen. Namun, permainan Andreas Marcellino Bonfilio dan timnya tak terbendung oleh penggawa Frateran. Perjalanan Fratz -julukan SMA Frateran Surabaya- pada Honda DBL 2019 harus diredam Sinlui yang saat itu mencatatkan skor 58-44. 

Pada 2021, SMA Frateran Surabaya sempat naik level di Big Eight. Namun perjalanannya kembali terhenti saat menuju ke final. Fratz tersungkur setelah dijegal SMA Gloria 1 Surabaya. Sehingga, banyak yang menyebut masuknya Fratz ke babak Fantastic Four musim 2022 ini sebagai “jawara lama bangkit dari tidur panjang.”

Baca Juga: Fantastic Four DBL Surabaya: Pertarungan Dua Pelatih Elite Kaya Prestasi

Dalam Seri Surabaya 2022, SMA St. Louis Surabaya disokong oleh empat pemain timnas FIBA U-16. Mereka adalah Cliffton Wijaya, Cliff Louis, Justin Patrick dan Daniel Nicholas Delin. Passing-passing dari Cliffton dan Cliff juga cukup berbahaya. Hingga mengantar Sinlui mengantongi field goals sebanyak 158/336 (47%) musim ini.

Sementara itu, SMA Frateran Surabaya juga memiliki pemain mengerikan. Di antaranya, Jovannes Friendly Kurniawan, Mauritius Kenneth dan Michael Henry Laksamana. Musim ini, Fratz berhasil mencatatkan field goals sebanyak 71/248 (28%). Apakah Frateran dapat membendung Sinlui dan kembali merebut kursi kampiunnya? Layak kita tunggu.

Lihat jadwal selengkapnya di halaman ini:

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY