ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Putra SMA St Louis 1 Surabaya (Sinlui) pada gelaran Honda DBL with KFC 2022 East Java Series - North Region berhasil mencapai partai puncak. Capaian ini membuat mereka untuk ketiga kalinya mencicipi atmosfer Final Party. Tiket Final Party yang diraih Sinlui selalu diraih dengan cara yang tidak mudah.

Pada dua musim sebelumnya (2019) Sinlui pastikan tiket final dengan singkirkan Sixteen dengan skor 72-38. Berikutnya, di musim 2021, saat itu kompetisi DBL digelar tanpa suporter, Sinlui tetap berhasil menjaga langkahnya hingga ke Final Party,. Mereka berhasil menaklukkan Gloria 1 dengan skor 81-66.

Musim ini (2022) ketika para suporter diperbolehkan hadir secara langsung memberikan dukungan moril kepada basket kebanggaan mereka, lagi-lagi Sinlui mantap menuju Final Party. Tiket final itu diraih setelah di Fantastic Four mereka mengandaskan mimpi Frateran dengan skor 56-23.

Selama gelaran tiga musim sedari 2019-2022 Sinlui tak tersentuh kekalahan sama sekali hingga partai semifinal kemarin Minggu 18 September 2022. Pada laga final dua edisi sebelumnya mereka bertemu dengan SMAN 2 Surabaya (Smada).

Dua kali juga mereka kandaskan Smada dan pastikan menjadi jawara basket Surabaya. Laga final musim ini, Sinlui kembali dipertemukan dengan sobat mainnya di partai final dua edisi beruntun. Lagi-lagi mereka bertemu dengan Smada di partai puncak. Namun jika dibandingkan dengan Smada selama perjalanan mereka selepas fase grup, Sinlui justru menghadapi banyak rintangan.

Baca juga: Kilas Balik: Jalan Terjal Sinlui Pertahankan Titel Raja Basket di Jatim

Sinlui berhasil menyudahi perlawanan tim-tim sekelas SMA Gloria 1 (Gloria 1), SMA Cita Hati East Surabaya (CH East), dan SMA Frateran Surabaya (Frateran). Ketiga tim tersebut bukanlah lawan yang mudah bagi Sinlui. Gloria yang digadang-gadang bakal bertemu mereka di final, harus dibenamkan oleh Sinlui pada fase sweet sixteen.

CH East pun begitu. Tim yang dinahkodahi oleh Ernest Koswara juga harus mengakui kehebatan Sinlui. Selanjutnya ada Frateran, tim yang pernah menyabet gelar juara DBL sebanyak tiga kali tak membuat Sinlui gentar dan mengendorkan semangat juang mereka.

Baca juga: Coach Kencana Wukir dan Penggawa Frateran Jagoin Sinlui

Batu kerikil yang coba menjegal Sinlui mampu dihindari dengan gaya main yang konsisten, dan mengadalkan kecepatan. Selain itu, ke dalaman skuad mereka pun juga sudah teruji pada laga semifinal kemarin. Buktinya meski main tanpa Cliffton Wijaya yang edang cedera, tapi Sinlui tetap mendominasi.

Faktor penting yang tak kalah utama adalah sedari awal seluruh roster, jajaran ofisial, sekaligus Sinluiers sudah satu suara. Mereka ingin menyabet gelar keenam mereka dan menjadi yang terbanyak di Surabaya sejak DBL digelar tahun 2004.

Baca juga: Tiket Playoffs Sinlui 1 Kado Ultah Buat Romo Paulus

Anyway kedua sekolah yang akan beradu di partai final nanti juga akan menjadi wakil Surabaya dalam Championship Series nanti. Selanjutnya mereka akan bertemu dengan wakil sekolah dari tiga kota di Seri Jawa Timur lainnya, yakni Madiun, Malang dan Jember. Mereka bakal memperebutkan title raja basket Jawa Timur.

Laga Final Party hari ini akan disiarkan livestream, eksklusif di channel KUY Entertaiment.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY