ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Mey Putridiana dari SMAN 8 Malang push up bareng Danny Granger.

TERPILIH sudah 24 pemain dan empat pelatih SMA yang tergabung dalam Tim All-Star kompetisi basket pelajar terbesar dari Grup Jawa Pos, DetEksi Basketball League (DBL). Pada Oktober mendatang, tim ini akan tampil di DBL Western Australia Games 2008. Mereka terbang ke Perth, lalu belajar dan bertanding melawan tim-tim anak muda di sana.

Para pemain SMA itu (12 putra dan 12 putri) dipilih berdasar performa mereka dalam Honda DBL 2008, yang diselenggarakan di 11 kota, sepuluh provinsi di Indonesia.

Sebagian merupakan anggota tim-tim champion, yang pada 24 Agustus lalu juga mengikuti NBA Basketball Clinic bersama bintang Indiana Pacers, Danny Granger. Sebagian lagi bukanlah anggota tim champion, tapi dianggap punya kemampuan baik.

''Tapi, jago main basket saja tidak cukup. Karena DBL punya konsep student athlete, performa mereka di sekolah dan perilaku mereka juga kami pertimbangkan. Kami tak mau mengirim pemain yang malas di sekolah atau suka berulah," jelas Azrul Ananda, commissioner DBL.

Azrul menambahkan, semua provinsi penyelenggara DBL punya wakil di Tim All-Star itu. Menurut rencana, tim tersebut berada di Perth pada 13-20 Oktober.

Di Perth, pemerintah Western Australia dan Basketball West sudah menyiapkan rangkaian program menarik. Bukan hanya bertanding, tim itu akan mengikuti training session bersama pelatih Australia, juga menonton pertandingan profesional dan mengunjungi tempat-tempat wisata. 

"Di sana nanti, kalah menang bukanlah tujuan utama. Yang terpenting adalah pengalaman belajar dari negara yang memiliki sistem pengembangan lebih maju," jelas Azrul.

Salah seorang pemain yang terpilih itu adalah Agustina Maharani, pemain SMAN 1 Boyolangu, Tulungagung. Ketika dikabari bahwa dia masuk nominasi All-Star, Agustina kaget, lantas menangis.

"Saya bukan hanya bangga bisa membawa nama sekolah sekaligus Kota Tulungagung ke Australia. Rasanya wiiih, bingung bagaimana mengungkapkannya," kata Agustina. "Saya akan berusaha melakukan yang terbaik. Ini akan menjadi pengalaman hidup yang tidak terlupakan," tambahnya.

Martin Newberry, regional director West Australian Trade Office Indonesia, salah satu pemrakarsa program itu, mengaku tak sabar menyambut tim All-Star DBL nanti di Australia.

"Ini adalah kesempatan fantastis, baik bagi tim DBL maupun tim muda Western Australia. Sebab, mereka bisa merasakan pertandingan kelas internasional. Kami di sini pun masih jarang mendapatkan kesempatan seperti itu," ucap Newberry. "Program ini bukan hanya baik untuk olahraga, tapi juga baik untuk jalinan hubungan internasional antara Indonesia dan Australia," lanjutnya.

Newberry menambahkan, pihaknya berharap program itu bisa menjadi program tahunan. "Tim muda dari Australia pun pasti senang bila bisa bertanding di Indonesia pada waktu yang akan datang," ujarnya.

Kepada tim yang akan berangkat, Noviantika Nasution, ketua umum PB Perbasi, memberikan dorongan semangat. "Pembinaan basket di Australia luar biasa bagus. Pengalaman yang didapat nanti bisa memacu semangat, khususnya untuk basket putri," katanya.

Menang atau kalah, imbuh Noviantika, bukanlah yang utama. "Angka nggak usah dilihat. Yang penting semaksimal mungkin. Jangan kendur main sampai akhir. Terus lari sampai peluit terakhir," tandasnya. (azz)

DBL Western Australia Games 2008, 13-20 Oktober 2008

Tim Putra

Nama - Asal Sekolah - Posisi

1. Ananta Praditya - SMAN 1 Puri Mojokerto - Center

2. Ryan Christyanto - SMA BOPKRI 1 Jogjakarta - Center

3. Dian Samuel - SMA Petra 4 Sidoarjo - Center

4. Respati Ragil - SMA Theresiana 1 Semarang - Forward

5. Arthur Christofel - SMA Santu Petrus Pontianak - Forward

6. Mario Wea Rato - SMA Frateran Malang - Forward

7. Zulkifili Sani - SMAN 1 Mataram - Forward

8. Oei Abraham Yoel - SMA Petra 4 Sidoarjo - Forward

9. William - SMA Santu Petrus Pontianak - Guard

10. R. Theofilus Sumigar - SMA Gamaliel Makassar - Guard

11. Arif Hidayat - SMA Negeri 2 Jember - Guard

12. Arwan Wirareka W. - SMA Negeri 9 Surabaya - Guard

Tim Putri


1. Olivia El Disa - SMA Santo Albertus Malang - Center

2. Yoanna Gustia Rahayu - SMAN 11 Pekanbaru - Center

3. Nova Anggraini - SMAN 1 Banyuasin III - F/C

4. Eilien Pangestu - SMA Petra 3 Surabaya - Forward

5. Mey Putridiana - SMAN 8 Malang - Forward

6. Chelya Novita Mandak - SMA Eben Haezar Manado - Forward

7. Stefilia Anindita H. - SMA Ciputra Surabaya - Forward

8. Amelia Herawati - SMA Karangturi Semarang - G/F

9. Thyac Korah - SMA Eben Haezar Manado - Guard

10. Agustina Maharani - SMAN 1 Boyolangu Tulungagung - Guard

11. Trisna Gama Putri - SMAN 7 Plus Banjarmasin - Guard

12. Michaela Tanri Atmadja W. - SMA BOPKRI 1 Jogjakarta - Guard

Ofisial

Nama - Sekolah

1. Soewondo - SMA Ciputra Surabaya

2. Hendry Bonardi - SMA Santu Petrus Pontianak

3. Mukhamad Al Amin - SMAN 1 Puri Mojokerto

4. Jamin Mattotoran - SMA Rajawali Makassar

  RELATED ARTICLES
Comments (1)