ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tim putra SMAN 71 Jakarta (Sapta Eka) harus menghadapi SMA Al-Maruf di partai final Honda DBL with KFC 2022 DKI Jakarta Series - East Region. Pertarungan berjalan sengit, hingga akhirnya Sapta Eka berhasil keluar sebagai pemenang sekaligus merengkuh gelar juara seri Jaktim.

Pelatih Sapta Eka, Panalson Nainggolan menilai Al-Maruf merupakan tim yang layak mendapat gelar juara. Keseriusan Al-Maruf dalam meraih gelar menjadi faktor kuatnya tim tersebut.

Baca juga: #DBL2022Wrapped: RBS Tampil Apik, Hadiahkan Predikat Best Three

"Al-Maruf sangat serius buat jadi juara, mereka menurut saya sangat siap. Malah saya rasa kalau mereka ga sampe final atau bahkan ga juara pasti banyak yang kaget," ucap Panalson.

Pelatih Sapta Eka itu mengetahui pola latihan yang dilakukan oleh Al-Maruf. Tim asuhan Angga Muhammad itu bisa latihan selama lima kali dalam seminggu. Pihak sekolah juga memberikan dukungan fasilitas berupa lapangan indoor.

"Mereka itu latihan bisa lima kali seminggu, ada juga lapangan indoor. Saya rasa gaada alasan mereka untuk ga latihan," tuturnya.

Baca juga: #DBL2022Wrapped: Kepsek Tak Pernah Absen Nribun, Jadi Booster Kuat Seventy

Ketika Pandemi Covid-19 mengharuskan latihan berhenti, hal itu tidak berlaku bagi Al-Maruf. Mereka tetap berlatih di luar sekolah dengan cara menyewa lapangan basket di Cibubur.

"Kalau dibandingkan dengan kami yang notabene sekolah negeri akan ada banyak kesulitan mengenai pengembangan. Beda sama Al-Maruf, mereka waktu Covid-19 yang lain ga latihan tapi mereka tetap lanjut. Mereka sewa lapangan di daerah Cibubur," kata Panalson.

Baca juga: #DBL2022Wrapped: Terhenti di Big Eight, GIS Bawa Pulang Sejumlah Pelajaran

Menanggapi penantang berat mereka dalam perburuan juara di seri Jaktim, Panalson menekankan kepada anak asuhnya untuk terus berusaha dalam latihan. Ia tahu betul Sapta Eka masih diunggulkan jadi juara, namun hal itu tidak akan diraih jika para pemainnya tidak tampil dengan maksimal.

"Saya udah bilang ke anak-anak, kalau kami masih diunggulkan setidaknya masuk ke final. Tapi itu kaya orang, kalau kita gamau usaha gaakan bisa dapet itu. Kalau anak-anak itu klub saya juga minta untuk latihan maksimal di sana," tutup Panalson. (MRS)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY