ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Gerakan pemanasan atau warming up sebelum olahraga merupakan satu hal yang nggak boleh ketinggalan. Apalagi ketika kamu akan bermain basket. Intensitas gerakan yang tinggi jika tidak diimbangi pemanasan yang baik akan menimbulkan risiko cedera otot. 

Tentu beberapa gerakan warming up sebelum bermain basket sudah kamu kuasai. Namun beberapa model pemanasan ini juga ampuh membuat ototmu lebih lentur dan rileks sebelum main. Apa saja itu? simak tujuh gerakan pemanasan sebelum bermain basket yang bisa kamu coba. 

Baca Juga: To The Future: Setio Giovanni Fokus Bidik Beasiswa Basket 

Walking high knees 

Walking high knees berguna untuk melatih kelenturan pinggul. bokong, dan paha belakang. Caranya angkat lutut setinggi mungkin saar melangkah. Pastikan untuk menjaga dada dan bahu tetap tegak. Seperti namanya, pemanasan ini dilakukan dengan berjalan. Selengkapnya kamu bisa cek video di atas. 

Knee Hugs 

Mirip dengan gerakan pertama, kamu masih harus berjalan ke depan namun dengan memeluk lutut dengan lengan. Tekuk lutut setinggi dada. Sekali lagi pemanasan ini berguna melenturkan otot pinggul dan bokong.

Jumping Jacks

Jumping jacks berguna untuk melatih paru-paru, jantung, dan otot sekaligus. Gerakan ini juga membantumu meningkatkan suhu tubuh dan melancarkan darah ke otot sebelum kamu mulai beraksi di lapangan.

Backpedaling 

Gerakan pemanasan ini berguna untuk mengaktifkan paha depan, betis, dan belakang. Umumnya pemanasan ini merupakan latihan wajib yang dilakukan setiap pemain. Gerakan ini menekankan pada otot pinggul agar lebih kuat. 

Baca Juga: 3 Rekomendasi Film Tentang Basket, Bisa Ditonton di Netflix Semua!

Ankle Pops

Ankle Pops mirip gerakan lompat tali. Gerakan ini mirip dengan lompat tali namun pemian akan bergerak maju dengan setiap lompatan. Ankle Pops dirancang untuk memperkuat pergelangan kaki dan juga melatih paha depan, ini juga merupakan bagian dalam melatih koordinasi dan ritme.

Butt Kicks 

Butt Kicks berguna untuk mengencangkan dan memperkuat otot paha bagian belakang. Tentu ini sangat bermanfaat membuat bokong, otot-otot bagian belakang juga lebih kuat sehingga mengurangi risiko cedera. Gerakan lebih jelasnya bisa kamu cek di video di atas. 

Quad Walk 

Gerakan pemanasan selanjutnya adalah Quad Walk. Gerakan ini mirip dengan Butt Kicks namun harus menggunakan bantuan tangan untuk menarik tumit ke pantat. Tentu hal ini dapat bermanfaat untuk melonggarkan paha depan dan pinggul. 

Over the Fence 

Gerakan ini mirip seperti orang yang sedang melompat pagar. Kamu harus mengangkat satu lutut setinggi mungkin dan sekaligus memutar lutut ke belakang. Over the Fence berguna untuk meregangkan paha belakang, selangkangan, dan pinggul. 

Baca Juga: 3 Rekomendasi Game yang Seru Dimainkan Saat Weekend Ala Laurent Valentius

Foto: 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY