ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Clara Monica (abu-abu) memimpin jalannya laga Final Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series.

Laga Final Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series tampaknya membawa pengalaman yang tak terlupakan bagi semua orang yang terlibat di dalamnya.

Sebab, ini kali pertama ajang turnamen basket antar SMA terbesar se-Indonesia itu diselenggarakan di Indonesia Arena pada Jum'at, 17 November 2023 lalu.

Pengalaman tersebut tak luput wasit yang memimpin jalannya dua laga putra dan putri. Clara Monica misalnya, salah satu Wasit yang memimpin jalannya laga final putri antara SMAN 70 Jakarta (Seventy) melawan SMA Jubilee Jakarta.

Ia merupakan seorang lulusan dari Universitas Negeri Jakarta jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Di usia 26 tahun ini, Clara termasuk salah satu wasit muda yang bertugas di Indonesia Arena saat Final DBL Jakarta.

Clara menyebut menjadi Indonesia Arena merupakan pengalaman yang tak bisa ia deskripsikan.

Wajah Clara sendiri mungkin tak asing bagi para student athlete yang berlaga di empat region hingga babak Championship Series DBL Jakarta. Sebelumnya, Clara juga kerap bertugas menjadi wasit di pertandingan-pertandingan itu.

Baca juga Terima Kasih Jakarta, Terima Kasih Indonesia Arena..

"Pengalaman pertama yang 'wow' lah, bisa jadi wasit di event SMA tertinggi terus dengan penonton yang lebih banyak dari biasanya pasti bawa vibes yang beda," ujar Clara.

Clara mengenang momen pertama kalinya menapakkan kaki di Indonesia Arena. Kala itu, Clara menonton pertandingan FIBA World Cup 2023 antara Brazil kontra Spanyol.

Sang wasit merasa terkagum dengan atmosfer yang ia rasakan di Indonesia Arena. Sejak saat itu, impiannya menjadi wasit di Indonesia Arena mulai muncul.

"Waktu pertama gue dateng ke sini (Indonesia Arena) tuh waktu FIBA World Cup 2023, nonton Brazil lawan Spanyol. Rasanya megah banget dan gue jadi pengen banget suatu saat nanti bisa jadi wasit di sini. Bahkan dibandingkan game yang gue tonton itu, lebih penuh sekarang suporternya," kenang Clara.

Ketika mendapat permintaan menjadi wasit di laga Final Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series antara Seventy kontra Jubilee, Clara tak perlu pikir panjang langsung menerima tawaran itu.

Baginya, ini merupakan kesempatan emas dan impian yang akhirnya terkabul. Setelah dirinya aktif mengambil setiap tawaran bertugas menjadi wasit sejak tahun 2019 lalu.

Baca juga Final DBL Jakarta di Indonesia Arena Jadi Perhatian Jurnalis Argentina

Kendati demikian, Clara tak menampik rasa gugup yang menerpa. Ia khawatir bakal mengambil keputusan kontroversial saat laga Seventy melawan Jubilee.

Menolak takluk dengan rasa gugupnya, Clara akhirnya percaya diri dan berusaha kontrol dirinya selama memimpin jalannya pertandingan.

"Berarti gue dipercaya jadi wasit di sini, harus kontrol diri banget supaya gak ada salah ambil keputusan," pungkas Clara.

Berkat ia dan koleganya dalam komisi pertandingan, Final Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series sektor putri sendiri berjalan lancar. Clara menjadi salah satu bagian dari sejarah DBL Jakarta di Indonesia Arena.

Laga Final Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series sektor putri sendiri berhasil dimenangkan oleh Seventy atas Jubilee dengan skor akhir 54-43. Hasil ini membawa Seventy sukses menyabet gelar juara sekaligus three peat. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY