ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Ratusan jurnalis datang meliput Final Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series atau DBL Jakarta. Mereka datang saat Media Day, Kamis 16 Agustus 2023 maupun saat hari H, Jumat 17 Agustus 2023.

Mereka meluangkan waktu di tengah padatnya agenda acara olahraga di akhir pekan itu.

Padat memang. Sebab di akhir pekan itu ada banyak acara olahraga yang digelar dalam waktu bersamaan.

Ada rangkaian Piala Dunia U-17, ada turnament esports terbesar, ada kompetisi badminton selebriti, dan masih banyak lainnya.

Di antara jurnalis yang datang meluangkan waktu ke Final DBL Jakarta adalah jurnalis Argentina, Sofia Jaimez Bertazzo. Ia bekerja untuk Fox Sport Argentina.

Baca Juga: 5 Show Seru dan Berkesan Final DBL Jakarta di Indonesia Arena

Sofia, begitu ia biasa disapa, sebenarnya datang ke Indonesia khusus untuk meliput Piala Dunia U-17. Lebih khusus lagi, ia harus mengcover liputan Timnas Argentina U-17 yang bertanding di Piala Dunia U-17.

Sofia memilih datang saat Media Day Final DBL Jakarta di Indonesia Arena. Saat itu kebetulan, tim finalis Final DBL Jakarta, SMA Jubilee (Putra dan Putri), SMAN 70 Jakarta (tim putri), dan SMA Bukit Sion (tim putra) berkesempatan mencoba lapangan.

Sofia pun menyampaikan kekagumannya lewat media sosialnya dalam bahasa Spanyol. 

Ia terkesan mendengar konsep student athlete yang diterapkan di kompetisi DBL. Ia juga mendapatkan cerita bagaimana DBL konsisten mengelar liga dari pertama kali digelar sederhana di 2004, sampai kemudian terus membesar di Indonesia.

Cerita lain soal bagaimana konsistensi itu berdampak pada perkembangan basket di Indonesia juga ia tuliskan dalam unggahnnya di Instagram. 

Sofia juga menuliskan tentang bagaimana DBL Indonesia sejak 2008 konsisten mengirimkan siswa terbaiknya ke Amerika Serikat, Australia, dan negara lain untuk belajar dan bertanding di negara tersebut. 

Menurutnya hal itu tak sekadar bagian dari pertandingan persahabatan. Tapi juga perjalanan budaya untuk anak-anak dari kedua negara.

Baca Juga: Final DBL Jakarta: Heboh di Venue Indonesia Arena, Trending di Social Media

Pada DBL.id, Sofia mengatakan ia datang ke Indonesia dengan tujuan utama meliput Piala Dunia U-17. "Tapi saya di Argentina tidak sekadar meliput sepak bola. Saya meliput semua olahraga. Di Argentina basket juga populer, bahkan saya bagian dari asosiasi jurnalis bola basket di sana," katanya.

Nah ia penasaran dengan budaya bola basket di Indonesia. Apalagi Indonesia baru saja menjadi salah satu tuan rumah Pial Dunia Basket 2023 (FIBA World Cup). "Saya tertarik mempelajari realitas olahraga di Indonesia. Apalagi sebagai negara yang jauh dari Amerika Latin, Indonesia tidak banyak dieksplorasi," katanya.

Dari sana ia kemudian datang ke Indonesia Arena. Tak disangka di Indonesia Arena sedang berlangsung Final DBL Jakarta. Ia pun terkesan ketika mendapatkan penjelasan soal DBL. 

Menurutnya, apa yang dilakukan DBL Indonesia luar biasa. "Mereka luar biasa dapat mempromosikan olahraga pada populasi anak muda, ini sangat penting untuk pengembangan, kesehatan, kesejahteraan, dan pertukaran budaya," ujarnya.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY