ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

SMAN 1 Langsa saat berpartisipasi di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 Aceh Series

Honda DBL with Kopi Good Day adalah ajang pembuktian bagi peserta yang bertanding. Seluruh student athlete bisa unjuk diri ketika membela timnya masing-masing. 

Sepanjang musim berlangsung, tidak sedikit bagi student athlete yang sukses unjuk diri hingga membawa tim mereka melampaui capaian di tahun sebelumnya. Yap, para pemain ini lah yang berhasil membawa tim kebanggaannya melangkah lebih jauh di DBL.

Baca juga: Kaleidoskop: Anggun Annaila Menjulang dengan 187cm di DBL 2023-2024!

Salah satunya adalah tim putri SMAN 1 Langsa. Setelah absen dari DBL Aceh selama dua tahun (2021-2022), kembalinya SMAN 1 Langsa ternyata memberikan warna baru di DBL Aceh musim ini.

Mereka sukses melesat hingga ke babak final dan meraih gelar juara. Mengalahkan rivalnya di tahun 2019 lalu, yaitu SMA Methodist Banda Aceh. Keduanya pernah bertemu di babak Fantastic Four atau semifinal di tahun 2019 silam.

Selain SMAN 1 Langsa, ada pula tim-tim lain yang tampil mentereng di Honda DBL with Kopi Good Day tahun ini. Siapa saja mereka?

Berikut tim-tim kuda hitam yang sukses memberikan kejutan di Honda DBL with Kopi Good Day!

SMKN 2 Surabaya (PA)

Tim putra SMKN 2 Surabaya, atau karib dikenal Smekda, adalah salah satu tim yang memberikan warna bagi DBL Surabaya musim ini. Terakhir kali mereka berpartisipasi di DBL Surabaya adalah tahun 2019.

Baca juga: Kaleidoskop: Bukan Sembarang FYP!

Di tahun 2019 itu, Smekda penuh dengan catatan. Mereka menuntaskan fase grup DBL Surabaya dengan nirkemenangan, atau tidak pernah mencicipi kemenangan satu kali pun.

Smekda kembali ke lingkaran persaingan di tahun 2023 ini dengan penuh ambisi yang berujung meraih hasil positif. Ya, Smekda lolos dari jeratan fase grup dengan kemenangan sempurna. Akhirnya, mereka melengang ke babak Sweet Sixteen DBL Surabaya musim ini!

SMAN 1 Martapura (PI)

DBL Banjarmasin kini punya juara baru. Yaitu tim putri SMAN 1 Martapura. Sebelumnya, SMAN 1 Martapura tak pernah sekalipun mencicipi gelar juara. Bahkan, mereka tidak pernah lolos ke babak Fantastic Four atau semifinal selama berpartisipasi di DBL Banjarmasin.

Selama digelar sejak tahun 2008, DBL Banjarmasin selalu dijuarai oleh tim-tim asal dalam kota. Tidak pernah sekalipun tim luar kota berhasil menjadi pemenang. Bahkan, selama empat musim beruntun ke belakang, nomor putri selalu dimenangkan oleh SMAN 2 Banjarmasin.

Baca juga: Kaleidoskop: Tim Dance Don Bosco Banjarmasin Banyak Gaya dengan 5 Kostum!

Kembalinya SMAN 1 Martapura ke lingkaran persaingan memberikan harapan baru bagi tim-tim luar kota. Kemenangan mereka sekaligus menjadi validasi bahwa ada peluang besar bagi tim luar kota bisa menjadi pemenang di DBL Banjarmasin di musim berikutnya.

SMA IT Insan Mulia Boarding School Pringsewu (PA)

Tim putra SMA IT Insan Mulia Boarding School Pringsewu (Imbos) adalah pembeda di DBL Lampung musim ini. Tahun keduanya melantai di DBL Lampung, Imbos berhasil lolos ke final.

Padahal, di tahun 2022 lalu, Imbos harus pulang lebih awal berkat kekalahannya di laga perdana. Mereka tidak bisa mencicipi pertandingan lebih jauh di tahun pertamanya.

Namun, kekalahan itu sukses mengantar Imbos mengevaluasi diri dengan baik. Kekalahan di tahun pertamanya menjadi kaca besar bagi Imbos untuk memperbaiki diri dan tampil gemilang di musim ini.

Siapa yang akan menjadi Imbos selanjutnya di DBL Lampung musim depan?

SMAN 1 Langsa (PI)

Kejutan. DBL Aceh penuh kejutan di musim ini. Tim putri SMAN 1 Langsa adalah sang pemberi kejutan itu. Datang sebagai tim asal luar kota, SMAN 1 Langsa berhasil lolos hingga fase puncak.

Mereka berhasil menumbangkan sang juara bertahan, SMA Methodist Banda Aceh. Fakta lainnya yang membuat SMAN 1 Langsa layak disebut kuda hitam adalah, mereka sempat absen di tahun 2021 hingga 2022 dari persaingan.

SMAN 47 Jakarta (PA)

Persaingan di DBL Jakarta Selatan begitu ketat. Sejak DBL Jakarta dipecah menjadi empat region, Jakarta Selatan selalu mempunyai juara baru. Menariknya, tim putra SMAN 47 Jakarta (Forsev) berhasil lolos ke final di tahun ini.

Keikutsertaan mereka sejak tahun 2019 lalu, Forsev sebenarnya belum pernah melengang lebih jauh dari fase Big Eight. Mereka harus pulang lebih dini. Namun, Forsev berhasil membuktikan diri di tahun 2023 hingga lolos ke final DBL Jakarta Selatan.

Perjuangan mereka pun tak mudah. Forsev nyaris kalah di putaran Fantastic Four atau semifinal. Mereka berhasil memastikan posisi final setelah membalikan keadaan di 2 menit akhir kuarter empat.

SMAN 4 Yogyakarta (PI)

Tim klasik di DBL Jogjakarta, yakni putri SMAN 4 Yogyakarta (Pathbe), menunjukan tajinya di musim ini. Mereka akhirnya berhasil lolos ke final. Ini merupakan final pertama bagi Pathbe sejak tahun 2019.

Selama empat musim ke belakang, prestasi terbesar Pathbe adalah babak Fantastic Four. Tak pernah sekalipun mereka lolos ke final. Perjalanan mereka pun sebenarnya tidak mudah. 

Pathbe harus menghadapi rivalnya di tahun 2022, SMA Bopkri 1 Yogyakarta, untuk memperebutkan posisi Fantastic Four. Sukses. Pathbe berhasil revans atas rivalnya itu. Di pertandingan selanjutnya, Pathbe juga menang mulus hingga mengantar mereka ke final.

*Kaleidoskop DBL 2023-2024 adalah kumpulan peristiwa atau kejadian selama Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 berlangsung. Lihat ulasan Kaleidoskop DBL 2023-2024 lainnya di halaman ini.

*seluruh data dihimpun oleh tim creative labs, event, dan redaksi DBL Indonesia dari 21 Juli 2023 hingga 3 Februari 2024.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY