ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kaleidoskop: Bukan Sembarang FYP!

Rena Dwi Astuti - 19 February 2024

Perjalanan panjang Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 tidak hanya soal perjuangan tim basket dan suporter saja. Ada pula tim dance yang turut menjadi bagian perjalanan ini.

Ratusan tim dance ini berpartisipasi di DBL Dance Competition. Di tahun ini, DBL Dance Competition sendiri mengusung tema yang lebih segar, yakni FYP. Di mana tema FYP ini sendiri memiliki tiga elemen, yakni Fun, Youthful, dan Popular. 

Tema ini diusung untuk merepresentasikan anak muda sebagai Gen Z, generasi yang dibesarkan di lingkungan serba digital yang memiliki karakter aktif, dinamis, dan selalu up to date dengan trend di sosial media dan teknologi masa kini.

Baca juga: Kaleidoskop: Angka-angka Fantastis di DBL 2023-2024

Menariknya, selama gelaran DBL Dance Competition berlangsung, seluruh tim dance tidak terbatas dan terpaku dalam tema FYP saja. Tim dance berhasil meramu hal-hal yang viral atau tren di sosial media ke dalam tema FYP. Mereka sukses mengeksplor tema FYP menjadi fenomena baru, unik, dan menyenangkan di DBL Dance Competition.

Barbie Influence di DBL Dance Competition 

Ragam kreativitas untuk mengeksplorasi tema FYP ternyata bikin beberapa tim dance yang berpartisipasi DBL Dance Competition memilih konsep yang sedang tren, yakni Barbie. 

Di tahun 2023, film Barbie memang gandrung di kalangan Gen Z. Ternyata, film tersebut berhasil dikemas menjadi koreografi yang menyenangkan. Tak sedikit pula tim dance yang mengusung konsep Barbie dalam koreografi mereka.

Baca juga: Kaleidoskop: Daftar Juara Baru di DBL 2023-2024

Jika dilihat dari penampilan tim dance di seluruh kota Honda DBL with Kopi Good Day, ada lebih dari 25 tim dance yang mengusung konsep Barbie. Hal ini membuat tokoh Barbie menjadi salah satu konsep yang paling banyak digunakan oleh tim dance yang tampil di DBL Dance Competition.

Dari FYP di DBL Jadi FYP di Tiktok 

Berangkat dari tema FYP, ratusan tim dance dibebaskan untuk mengeksplorasi tema ini sekreatif mungkin. Mereka bebas mencari referensi dari mana pun.

Menariknya, tim dance yang tampil di DBL Dance Competition justru berhasil membuat tren sendiri dari tema FYP. Kebebasan mereka untuk mengeksplorasi tema membuahkan hasil yang menarik.

Tim dance Global Islamic School Jakarta misalnya. Berkat tarian mereka di DBL Dance Competition Seri Jakarta, ternyata tarian mereka viral sampai ke Tiktok. Bahkan, mereka membuat tren sendiri, yaitu SWD Challenge.

Baca juga: Kaleidoskop: Daftar Pertandingan Sengit di DBL 2023-2024

Tren dance ini diikuti oleh banyak pengguna Tiktok. Beberapa konten kreator dan artis Indonesia pernah mengikuti challenge ini. Yap, memang bukan sembarang FYP. Bukan sekadar tema dance saja. Eksplorasi tema FYP ini ternyata berhasil menjadi tren baru di sosial media.

Viral Sampai Dinotis Konten Kreator ‘Kak Jill’ 

Berhasilnya ratusan tim dance meramu tema FYP menjadi tarian yang menarik dan viral di sosial media ternyata juga menarik perhatian banyak konten kreator. Salah satunya adalah konten kreator 'Kak Jill'.

Tim dance dari SMAN 5 Surabaya, Smala Dance Crew (SDC), rupanya terinspirasi sosok Kak Jill untuk konsepnya dalam DBL Dance Competition. Sosok Kak Jill juga direpresentasikan dengan baik oleh SDC.

Itu terlihat pada penampilannya yang memakai wig dan riasan wajah, serta memakai baju mencolok yang identik dengan karakter Kak Jill. 

Usai mereka tampil, Kak Jill ternyata menanggapi penampilan mereka. Ia mengunggah ulang penampilan SDC lewat akun Tiktoknya @jill_shine2.

Properti Unik Bikin Tim Dance Makin Nyentrik

Macam-macam properti dibawa oleh tim dance yang tampil di DBL Dance Competition untuk mendukung penampilan mereka. Beberapa di antaranya bahkan totalitas membawa sepeda, mobil dan motor mini, sampai drone. 

Properti ini lantas memberikan kesan sendiri untuk penampilan tim dance. Gak cuma itu, properti yang mereka gunakan membuat penampilan mereka makin nyentrik dan memikat penonton!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY