ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Ziella Fransiska Manangsang, pemain SMA YPPK Asisi Sentani, adalah pemain terbaik atau MVP di Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 Papua Series.

Titel MVP ini didapat Ziella setelah berhasil membawa timnya menjadi juara di DBL Papua. Ziella sendiri juga berhasil menorehkan catatan statistik impresif ketika dirinya membela Asisi Sentani. Ziella mencatatkan total 52 poin, 11 rebound, 10 steal, 9 asis, dan 1 block.

Disinggung mengenai keberhasilannya ini, Ziella bercerita bahwa kesukaannya bermain basket dimulai ketika dirinya duduk di bangku kelas 4 Sekolah Dasar. Saat itu, Ziella terpengaruh oleh teman-temannya yang sering bermain basket di lapangan sekolahnya.

Baca juga: Kangen Jakarta, Ziella Berharap Bisa Ukir Kenangan Lagi di DBL Camp

Sebagai informasi, sekolah Ziella saat itu berbasis yayasan. Di mana SD dan SMP berada di dalam satu komplek dan mempunyai lapangan yang sama.

Saat itu, ia hanya ‘ikut-ikutan’ bermain basket. Tetapi karena bakat alaminya di lapangan, Ziella dipilih menjadi salah satu pemain untuk berlaga di turnamen Bupati Cup 2016. Padahal, Ziella sendiri masih menekuni ekstrakulikuler lain. Yaitu pramuka.


Ziella Manangsang (dengan piala) bersama rekannya setelah memenangkan Bupati Cup 2016. (Dok. Pribadi)

“Saat itu saya belum terlalu fokus sama basket karena sering mengikuti ekskul pramuka. Bisa dibilang, saya paling kecil karena masih kelas 4 SD dan bergabun di tim SMP,” ungkapnya.

Sementara itu, Ziella sendiri sebenarnya cukup aktif saat mengikuti pramuka hingga dirinya duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ia terpilih menjadi Pemimpin Ragu dan mewakili Papua untuk mengikuti kegiatan Kemah Budaya Nasional di Sumatera Barat saat kelas 1 SMP.

Ziella Manangsang (paling kiri) saat ia menjadi Pemimpin Regu mewakili Papua di Kemah Budaya Nasional di Sumatera Barat. (Dok. Pribadi)

“Saya membuat kesepakatan dengan pelatih basket saya. Setelah kembali dari kemah saya harus memilih salah satu, antara basket atau pramuka. Saya menepati janji, akhirnya saya pilih basket dan terus berlatih sampai sekarang,” ujarnya.

Baca juga: Ziella Manangsang: Tanggung Jawab Seorang MVP dan Menjaga Asa

Pilihan Ziella di basket ternyata bagai durian runtuh. Ia banyak mendapat prestasi di basket. Salah satunya berhasil menjadi juara dua kali di DBL Papua. Hingga terpilih MVP.

Tak hanya itu. Namanya juga terpilih menjadi bagian dari skuad putri Papua di Pra-PON 2024. Ziella dan kolega juga berhasil membawa Papua lolos ke PON 2024.

“Saya terus berlatih sampai sekarang. Puji Tuhan, saya juga bisa mengikuti turnamen antarsekolah, antarklub, dan sampai nasional juga,” tukasnya. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY