ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kopi Good Day DBL Camp 2024 kurang lima hari lagi. Kamp basket pelajar terbesar di Indonesia tersebut berlangsung mulai 23 sampai 28 April di Jakarta. Sebanyak ratusan student athlete dan puluhan pelatih terpilih bakal bersaing di Gelanggang Olahraga (GOR) Soemantri Brodjonegoro Jakarta selama kurang-lebih satu pekan.

Selama itu pula para campers juga belajar dan berlatih dari pelatih-pelatih top kaliber dunia asal World Basketball Academy (WBA) Australia.

Jelas beragam materi plus segudang pengalaman akan diserap oleh para campers. Ilmu-ilmu mahal tersebut bukan cuman datang dari pelatih-pelatih top saja. Campers juga mendapatkan ilmu dari para Interpreter. Fandi Andika Ramadhani adalah salah satu dari empat nama Interpreter Kopi Good Day DBL Camp 2024.

Mantan pemain profesional yang kini banting setir sebagai pelatih juga punya segudang pengalaman yang siap ia bagikan. Terbaru, Fandi Andika Ramadhani ditunjuk untuk menjadi nahkoda tim nasional Indonesia kategori 3X3 di FIBA 3X3 Asia Cup 2024.

Sebelumnya ia juga sudah menjadi nahkoda di kategori yang sama. Yup, Rama menjadi kepala pelatih tim nasional 3X3 Indonesia di ajang SEA Games Kamboja tahun 2023.

Catatan-catatan menterengnya tidak berhenti sampai di sana. Rama adalah salah satu pemain terlama yang pernah membela Aspac Jakarta, salah satu klub legendaris di Indonesia. Yup, ia berseragam Aspac sejak tahun 2005 hingga 2019 lalu.

Baca juga: Berikut Daftar Interpreter di Kopi Good Day DBL Camp 2024

Pada penghujung kariernya sebagai basket profesional, Rama berhasil menutupnya dengan manis. Yup, cowok dengan zodiak Taurus tersebut berhasil mempersembahkan satu gelar untuk klub yang ia bela sejak 2005.

Rama sendiri punya peran penting di skuad Stapac kala meraih gelar juara. Ya, sang pelatih kala itu, Anthony Garbelotto, secara terang-terangan meminta Rama untuk tetap berada di skuad musim 2018-2019.

“Pelatih ingin saya tetap di tim. Tidak butuh saya main banyak. Dia bilang kalau dia ingin ada seseorang di tim yang membuat pemain lain mendengarkan,” ungkap Rama ketika diwawancara oleh MainBasket.

Baca juga: Keegan Crawford Hadir di DBL Camp 2024, Siap Belajar dari Pelatih Top Dunia?

Yup, jiwa kepemimpinan di dalam maupun di luar lapangan begitu krusial di basket. Kerap kali sosok tersebut perlu hadir di momen-momen krusial. Nantinya, Rama dengan senang hati berbagi pengalamannya ke para campers. Pengalaman mengenai ketenangan, cara merangkul teman satu tim, hingga memahami situasi dan suasana yang dibangun oleh tim.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY