ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Bisma Sabda saat menahkodai scrimmage game Top 28 Campers Kopi Good Day DBL Camp 2024

Tak banyak yang peduli tentang bagaimana sebuah proses. Sebagian besar orang hanya menantikan sebuah hasil. Seperti halnya perjuangan SMAN 1 Bululawang di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-South Region lalu.

Berjumpa dengan salah satu tim besar di babak penentu memang tak mudah bagi Smaneb -julukan SMAN 1 Bululawang. Terlebih kehadiran mereka juga tak begitu diperhitungkan.

Namun, semua dapat terjadi di lapangan. Ambisi besar para pemain, plus tangan dingin Bisma Sabda Imanissi -nahkoda Smaneb- berhasil melumpuhkan skuad unggulan SMAN 8 Malang.

Siapa yang tak tahu ketangguhan SMAN 8 Malang? Salah satu tim unggulan asal Malang itu kerap ditakuti dari musim ke musimnya. Visi-misi yang sama menuntun mereka menciptakan sebuah keajaiban.

(BIG EIGHT) SMAN 1 Bululawang
Potret SMAN 1 Bululawang setelah berhasil menumbangkan SMAN 8 Malang dan melaju ke Big Eight DBL Malang

Sejarah baru tercipta. SMAN 8 Malang (Smarihasta) dipaksa tunduk dengan skor 26-21. Dan gagal melaju ke babak Big Eight. Di balik kemenangan ini, tak banyak yang tahu bagaimana otak cerdik dari sosok Bisma Sabda.

”Semua orang tahu bagaimana SMAN 8 Malang. Kalau di Malang sudah langganan menang lah mereka itu. Kami tertinggal tidak jauh. Saya lihat juga kemampuan anak didik saya masih bisa mengimbangi,” buka coach Bisma.

”Tugas saya sebagai pelatih adalah bagaimana cara menghilangkan mental block mereka. Jawabannya, saya ‘kurung’ mereka di toilet. Saya suruh mereka pejamkan mata sambil berdiri dengan satu kaki,” sambungnya.

Baca Juga: Semua Bisa! Smaneb Comeback dari Smarihasta!

Tentu bukan tanpa alasan. Juga bukan tanpa teori. Pelatih berusia 31 tahun tersebut punya jawaban tersendiri di balik “siksaan” yang ia berikan. Hanya ada empat menit waktu tersisa di kuarter pemungkas. Menang atau pulang?

“Yang kakinya masih goyang-goyang berarti masih panik. Jadi saya tunggu sampai mereka balance dan tenang. Setelah keluar dari toilet, saya suruh mereka bercanda satu sama lain. Syukur, cara ini berhasil. Kami menang dari game ketat,” tegasnya.

“Ilmu ini saya dapatkan dari teman saya. Kebetulan dia psikolog olahraga. Katanya, kalau orang panik pasti tidak balance. Jadi saya selalu punya porsi latihan tersendiri khusus keseimbangan. Sebagai anak daerah yang ingin banyak bicara, tentu kami tidak boleh polosan. Jadi kami harus kuat dari segi mental dan mindset,” imbuhnya.

Bisma Sabda Imanissi - SMAN 1 Bululawang

Tegas dan tetap memikirkan kondisi anak didiknya. Coach Bisma sukses membawa Smaneb lebih dipandang. Yang mana SMAN 1 Bululawang sukses beranjak hingga ke Fantastic Four DBL Malang.

Meski gagal sampai ke partai puncak dan menjadi delegasi di Championship Series, nama Bisma Sabda terpilih sebagai pelatih terbaik Jawa Timur yang bersaing di DBL Camp 2024.

Baca Juga: Dari Daerah! Bisma Sabda Rela Tak Tidur, Tiket All-Star Kini Tak Sekadar Mimpi

Kini Bisma Sabda melaju lebih jauh.  Kegigihan luar biasa membawanya masuk ke skuad elite DBL Indonesia All-Star 2024 pendamping tim putri. Bersama Risdianto Roeslan, pelatih SMA Olifant Yogyakarta dengan segudang prestasi hebatnya.

"Jujur gak menyangka. Bahkan sampai sekarang masih merinding rasanya. Karena saya dari kota kecil. Nothing to lose pokoknya," jawabnya gemetar.

"Mendapat kesempatan ke DBL Camp saja saya maksimalkan sekali. Apalagi bakal ke Amerika. Alhamdulillah dari daerah kecil bisa ke luar negeri. Dan pertama kali ke luar negeri bisa langsung ke Amerika. Terima kasih DBL Indonesia,” tutup pelatih kelahiran 1993 itu.

Bisma Sabda Imanissi - SMAN 1 Bululawang

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Kenal lebih dekat para campers Kopi Good Day DBL Camp 2024 dengan melihat halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll halaman ini dengan lakukan double tap).

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY