ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Sumber: SportRecs

Semua pemain basket, tentu saja tahu bagaimana bermain basket dengan baik. Jikapun tidak, minimal mereka mengetahui tolok ukur, seorang pemain basket dapat dikatakan sebagai player yang ‘canggih’ seperti apa.

Namun, mungkin urusan merawat bola basket yang baik tak semuanya tahu. Nah, bagi kalian yang belum paham bagaimana merawat bola basket yang baik, nih DBL.id bagi tips dan triknya agar bola basketmu tetap awet.

 

Beda Lapangan, Beda Bola

Semua benda berbahan leather (kulit), selalu memiliki reputasi sebagai benda yang awet, tangguh, dan tidak mudah rusak. Tetapi, hal itu tidak berlaku di bola basket. Sebab kulit luar bola basket memang dibuat dan dikhususkan untuk dimainkan secara indoor dan lantai kayu.

Ketika bolamu sering digunakan di permukaan lapangan betol --bahkan berkerikil- maka keawetannya bakal luntur. Salah satu yang sering terjadi adalah bola akan menjadi kehilangan daya rekatnya, dan licin ketika dibuat main.

Nah, jika kalian tetap ingin main basket di pelataran rumah yang alasnya terbuat dari aspal atau beton, pilihlah bola basket berbahan karet dan kulit sintetis. Karena, itu akan lebih awet dan tahan lama untuk dimainkan di medan yang terjal.

 

Jangan Biarkan Debu Menempel di Bolamu!

Sebuah peribahasa klasik mengatakan, jika kita telah berhasil membersihkan bola basket, maka urusan mencuci gelas adalah hal mudah. Sebab, pattern bintik-bintik di kulit luar bola menyusahkan kita untuk mencuci hingga ke sela-sela.

Nah, jika kotoran dan debu itu dibiarkan, maka lama kelamaan akan mengerak dan membuat bola menjadi licin. Kalian tak harus mencuci bola tiap kali selesai main sih, tapi ada tips yang harus kalian perhatikan.

Cara membersihkan bola basketmu sebenarnya mudah. Siapkan handuk basah dan bilaslah tipis-tipis. Hal itu, akan mengikis debu yang berada di permukaan. Kalau mau sedikit repot, kalian bisa juga membilasnya dengan shampoo atau deterjen cair. Tapi, pastikan kalian segera mengeringkannya ya. Karena, jika kulitnya dibiarkan basah, lama-lama juga akan mengelupas.

 

Hindarkan Dari Perubahan Suhu Ekstrim

Cuaca akhir-akhir ini emang lagi enggak bisa ditebak. Kadang mendung, panas parah, atau bahkan hujan. Nah untuk menjaga agar bola basketmu awet, kalian harus menyimpannya di tempat dengan suhu steril, misalnya kamar. Sebab, jika bola sering mengalami perubahan suhu, maka dia akan cepat rusak.

Contohnya nih, ketika bola basketmu langsung terpapar sinar matahari terlalu lama. Hal itu akan membuat warna bola menjadi kusam dan pudar. Selain itu, temperatur yang berubah-ubah juga bisa membuat bola menjadi memuai, dan tidak simetris lagi. Selain itu, kulit bola juga akan mengelupas jika sering terkena air. Maka dari itu, simpan bola kesayangan kalian di tempat yang suhunya cenderung teratur.

 

Angin-anginkan

Cara untuk memeriksa kesehatan bola adalah, pantulkan dengan tekanan normal. Jika bola memantul hingga tingginya searah dada, maka bola itu dipastikan baik-baik saja.

Jika terlalu tinggi, itu berarti ada tekanan udara yang berlebihan. Jika tekanan udara di dalam bola terlalu banyak, partikel karet di dalam bola akan mengumpal. Gumpalan itu, adalah faktor utama yang bisa menyobek kulit luar bola basket. Oleh sebab itu, bola juga tidak baik jika terlalu lama disimpan. Angin-anginkan. Paling baik sih angin-anginkan dengan dipakai bermain bersama kawanmu.

  

Jauhkan dari Batu Kerikil

Sebelum bermain periksa sekeliling lapangan kalian. Sebab, sebuah kerikil tajam meskipun kecil juga berbahaya bagi kesehatan bola. Selain karena dapat mengkoyak kulit luar dari bola, kerikil tajam juga dapat menciptakan lubang tak kasat mata yang membuat bola kesayanganmu menjadi gembos.

Dan yang paling celaka, jika lubang itu sampai dimasuki air. Bola akan kehilangan daya pantulnya, dan terbuang percuma. Nah, sudah paham kan guys? Yuk silahkan dicoba, agar usia bola basketmu menjadi semakin lama.(*)

 

Sambil nunggu update terbaru dari DBL.id, yuk baca informasi-informasi menarik di mainmain.id

- Film James Bond: No Time To Die Rilis Trailer, Ini Fakta yang Kalian Wajib Tahu

- Banyuwangi Tak Melulu Kawah Ijen, 5 Destinasi ini Juga Wajib Masuk Bucketlist-mu

- Selamat Ulang Tahun Walt Disney, Ini Fakta Seru Tentang Produser Hebat itu

- 5 Video TEDx Talks Paling Inspiratif Buat Anak Muda

- Post Malone, Musisi dengan Pendengar Terbanyak di Dunia Versi Spotify

- Spektakuler! Inilah 7 Momen Spesial MAMA yang Harus Kamu Tonton Ulang

- Isi Libur Panjangmu dengan Hunting Foto di 5 Spot Keren Surabaya

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)