ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Katanya ngemil adalah kebiasaan yang buruk. Apalagi untuk atlet. Sebab atlet dituntut untuk menjaga asupan nutrisinya. Sehingga mereka bisa tampil maksimal di arena.

Akan tetapi, jika dilakukan dengan benar, ngemil bisa menghasilkan sesuatu yang baik bagi tubuh. Termasuk untuk pebasket yang dituntut berstamina tinggi di lapangan.

Didit Pamungkas, ahli nutrisi DBL Academy mengungkapkan, ngemil bukan sesuatu yang 'haram' untuk seorang atlet. "Yang harus diperhatikan adalah asupan yang bisa memenuhi kebutuhan latihan mereka. Cemilan yang baik adalah yang mampu membantu mempertahankan performa bagi atlet itu sendiri," katanya.

Coach Didit menambahkan, agar asupannya optimal, menu ngemil yang cocok adalah makanan yang mengandung protein dan vitamin. "Seperti susu, buah, sayur dan daging," imbuhnya.

Btw, menu ngemil apa yang cocok untuk seorang atlet?

Chicken Sandwich

Kamu bisa berkreasi sesuka hatimu saat membuat sandwich. Potongan daging dada ayam bisa menjadi isian utama untuk membuat sandwich. Jangan lupa, tambahkan beberapa sayuran seperti tomat atau lettuce segar. Kamu juga bisa menambahkan potongan keju sesuai selera.

Sandwich ayam mengandung banyak protein dan cadangan karbohidrat yang akan menambah kekuatan fisikmu. Sandwich ayam juga tidak mengandung kalori yang besar. Hanya 283 kalori.

Sandwich ayam juga mengandung 8 persen vitamin C, dan 15 persen vitamin B. Selain itu sepotong sandwich dengan toping sayuran kaya akan zat besi.

Kebab

Selain sandwich, kamu juga bisa menikmati sepotong kebab khas Turki nan lezat. Kebab yang menggunakan daging sapi mengandung banyak protein. Sedangkan kebutuhkan elektrolit bisa kamu dapatkan melalui toping sayuran yang terdapat di dalamnya.

Dijamin kamu akan lebih semangat latihan setelah makan kebab. Kalori yang terkandung dalam per 100 gram kebab adalah 159 kalori. 

Sereal

Jika kamu ingin ngemil yang praktis, mengonsumsi sereal bisa menjadi salah satu alternatifnya. Siapkan saja satu kotak sereal kesukaanmu dengan segelas susu dingin. Hmm, rasanya pasti nikmat dan segar.

Dalam seporsi sereal dan susu terkandung banyak kalsium untuk bagus untuk tulang. Sereal juga mengandung cadangan karbohidrat dan serat.

Pasta

Makanan asal Italia ini memang sangat memanjakan lidah. Apalagi jika kamu akan berlatih atau bertanding basket, pastinya kamu memerlukan cadangan energi yang banyak.

Kamu bisa memasak  pasta jenis apa pun, dan menambahkannya dengan saus ayam bolognese nan lezat. Dalam satu porsi pasta mengandung protein dan karbohidrat. Seporsi pasta dengan saus bolognise memiliki 50-400 kalori.

Edamame

Kamu bisa menemukan edamame di pusat perbelanjaan. Edamame rebus mengandung banyak protein dan vitamin untuk menunjang aktivitamu. Kalori yang terkandung pada makanan ini juga sedikit, hanya 122 kalori saja per 100 gramnya.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY