ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Seorang pebasket harus pintar dalam memenuhi kebutuhan gizinya. Termasuk perihal memilih jenis makanan yang menunjang kinerja otot, dan tubuh. Dari berbagai macam makanan yang ada, sushi adalah salah satu makanan yang kaya akan gizi.

Sushi tergolong makanan berat, atau makanan utama. Pasalnya di dalam sushi terdapat nasi sebagai karbohidrat, sayuran sebagai serat, dan ikan, atau lauk lain yang mengandung protein dan lemak. Sushi biasanya dimakan dengan kecap asin dan acar yang terbuat dari jahe muda.

Sushi mengandung berbagai macam nutrisi dan gizi yang terkandung di dalamnya. Seperti karbohidrat, protein, hingga vitamin kompleks. Masing-masing nutrisi itu mempunyai fungsi tersendiri bagi kinerja tubuh. 

Karbohidrat

Kandungan ini bisa kalian dapatkan dari nasi. Karbohidrat bisa jadi sumber utama energi kalian ketika beraktivitas. Nilai lebih dari karbohidrat ini adalah bisa menjadi cadangan energi bagi tubuh. Jika tubuh merasa energi yang dibutuhkan sudah cukup, maka kelebihan glukosa tersebut akan disimpan di dalam hati dalam bentuk glikogen.

Omega-3

Manfaat omega-3 adalah dapat menguatkan otot dan tulang. Seorang atlet yang mendapatkan asam lemak Omega 3 yang cukup, memiliki otot dua kali lebih kuat dibandingkan mereka yang mengonsumsi minyak zaitun.

Orang yang mengkonsumsi minyak ikan dikatakan memiliki Bone Mineral Density (BMD), atau kepadatan mineral tulang yang lebih besar. Jika kamu adalah pebasket, tulang dan persendianmu tentu akan menahan banyak tekanan saat melakukan aktivitas berat.

Vitamin

Salah satu bahan dari sushi yang punya kandungan gizi yang kompleks adalah rumput laut. Meski terlihat sangat tipis, serta hanya memberikan rasa asin, dan gurih saja, rumput laut juga mengandung cukup banyak nutrisi seperti vitamin A,C dan E. Serta mengandung protein yang cukup besar, yaitu 44 persen dari berat total.

Karena basket adalah salah satu olahraga yang berat, maka tubuh akan banyak memproduksi radikal bebas. Sehingga mempercepat kerusakan sel pada tubuh. Untuk mencegah itu, maka vitamin A, C, dan E sangat diperlukan bagi seorang atlet.

Mineral

Dalam sekali lahap, wasabi mengandung berbagai mineral yang bisa membantu melengkapi kebutuhan tubuh. Mulai dari kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, serta selenium.

Peran mineral pada wasabi adalah untuk mempertahankan pertukaran zat gizi, dan metabolisme tubuh. Natrium dan kalium juga punya fungsi lain untuk hidrasi, dan menjaga fungsi otot agar tetap sehat. Hal itu membantu otot-otot kalian lebih relaks, serta membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Menurut ahli nutrisi DBL Academy, Didit Pamungkas, kandungan gizi dalam sushi itu cukup baik bagi atlet. Namun harus sesuai kadar yang tepat untuk tubuh. Contohnya seperti protein. "Kalau secara kebutuhan protein untuk atlet rata-rata berkisar 1,2-1,7 gram/kg berat badan atlet," ujarnya.

Coach Didit menambahkan, sebenarnya sushi hanya makanan sampingan, meskipun punya kandungan gizi yang kompleks. "Kebutuhan gizi tiap atlet itu berbeda-beda. Bergantung jenis latihan yang mereka lakukan. Jadi sushi ini adalah makanan sampingan yang sifatnya hanya menambah kebutuhan gizi pada tubuh. Dan yang terpenting, bahan makanan dari sushi ini harus diolah dengan bersih," tutupnya.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY