ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Seorang pemain basket tak hanya dituntut untuk menjaga pola latihan. Hal penting yang kerap dilalaikan adalah soal nutrisi. Ada banyak yang bisa dilakukan untuk menjaga, atau mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Salah satunya lewat strategi yang diterapkan oleh Duke Blue Devils Basketball Team ini.

Duke Blue Devils merupakan sebuah tim bola basket perguruan tinggi yang mewakili Universitas Duke. Mereka bertanding di kompetisi amatir NCAA Divisi I. Tim yang berasal dari Carolina Utara ini punya cara tersendiri untuk mengatur asupan nutrisi para pemainnya.

Direktur Nutrisi Olahraga Duke Blue Devils, Beth Miller mengatakan bahwa pemain basket punya asupan nutrisi yang kompleks. Contohnya adalah asupan cairan dan makanan. 

"Mayoritas yang tergabung di tim ini tak punya pengetahuan yang cukup tentang asupan nutrisi bagi tubuhnya masing-masing. Mereka masih belum paham tentang kebutuhan nutrisi jika melakukan latihan berat tiap harinya," ujar Miller seperti dilansir laman Goduke.

Asupan cairan harian minimum yang disarankannya adalah setengah ons per pon berat badan. Miller juga punya ketentuan makanan untuk pemainnya.

Ia mengharuskan para pemainnya memadukan protein tanpa lemak dengan karbohidrat berkualitas sebagai menu makanan. Selain itu, Miller memberi waktu setiap 2-3 jam ketika berada di kampus agar para pemainnya memakan makanan ringan. 

Cara unik yang dilakukan Miller lainnya adalah menyiasati kebiasaan para pemainnya yang sering memakan junk food. Miller akan memberikan tiap pemain sebuah kotak makan untuk dibawa pulang. Mereka diwajibkan untuk membawa kembali kotak itu dalam keadaan kosong.

Isi dari kotak itupun beragam. Namun nutrisi yang terkandung di dalam makanannya cukup untuk memenuhi kebutuhan para pemainn. Miller selalu memberikan asupan protein pada bekal yang akan dibawa pemainnya. Mulai dari daging, ikan, sayuran, hingga buah-buahan segar.

"Dengan metode seperti itu, kami yakin kebutuhannutrisi para pemain bisa tercukupi. Jadi kami menggunakan buah, sayur, daging dan ikan untuk mencukupi karbohidrat dan protein setiap pemain. Tentu kami sudah melakukan pemilihan untuk jenis makanannya," tutup Miller.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY