ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Rivaldo Tandra Pangesthio dalam sebuah acara bersama DBL Indonesia pada 2017

Penampilan tim Satria Muda Pertamina Jakarta di IBL 2020 menjadi sorotan. Tren positif terus mengikuti tim ini hingga paruh kedua bergulirnya IBL 2020. 

Tim asal Jakarta itu meraih 100 persen kemenangan di Seri 6 Surabaya kemarin (6-8 Maret). Mereka mengalahkan tim yang sedang naik daun, Amarta Hangtuah, dan tim kandidat juara IBL musim ini, Pelita Jaya Bakrie.

Ada beberapa nama penggawa Satria Muda yang berkontribusi besar terhadap penampilan tim tersebut. Di antaranya duo asing Gary Jacobs Jr. dan Elijah Johad Foster. Yang mengejutkan, di balik duo asing itu ada dukungan seorang rookie, Rivaldo Tandra Pangesthio.

Dikutip dari mainbasket.com, performa Rivaldo di Seri 6 Surabaya mengalahkan performa pemain asing ketiga Shawntez Patterson atau pemain lokal seperti Avan Seputra, Sandy Ibrahim Aziz.

1. Satu Angkatan dengan Sandy Ibrahim di DBL Camp 2012


Sandy Ibrahim dan Rivaldo, pemain timnas basket Indonesia yang juga sama-sama alumni kompetisi Honda DBL 2012.

Seperti halnya Sandy Ibrahim (baca juga: Flashback Bintang DBL: Sandy Ibrahim Moncer di Klub dan Timnas), Rivaldo juga jebolan kompetisi Honda DBL. Menariknya, pemain satu klub ini dulunya sama-sama penghuni Honda DBL Camp 2012. Bedanya, Sandy masuk skuad DBL Selection 2012, sedangkan Rivaldo terpilih skuad DBL All-Star 2012 dan 2013.

 

2. Terpilih DBL All-Star 2012 bersama Kakaknya

Yang mengejutkan, saat terpilih masuk DBL Camp 2012, Rivaldo tak sendirian. Kakaknya, Hutomo Rio Pangesthio juga terpilih masuk DBL Camp 2012. Bahkan mereka berdua juga masuk dalam skuad DBL All-Star 2012, dan berangkat menimba ilmu ke Seattle, Amerika Serikat.

Hutomo Rio Pangesthio dan Rivaldo Tandra Pangesthio berasal dari SMA yang berbeda. Hutomo Rio Pangesthio berasal dari SMK Immanuel 1 Pontianak, sedangkan Rivaldo Tandra Pangesthio dari SMA Santu Petrus Pontianak.

Legenda basket dari World Basketball Academy (WBA) Australia, Andrew Vlahov yang saat itu memimpin proses seleksi di DBL Camp menyebut, skuad DBL All-Star 2012 yang terbaik di dunia.


Skuad DBL All-Star 2012 saat belajar di Seattle, Amerika Serikat.

''Memilih 24 di antara 234 pemain memang sulit. Tapi, saya kira luar biasa rasanya. Saya pikir DBL Camp adalah yang terbaik di dunia,'' ungkap Vlahov dalam farewell party DBL Camp di DBL Arena 5 Juli 2012.

 

3. Terpilih All-Star 5 Players Saat Ikut Turnamen di Queensland, Australia.

Yang mengesankan lagi dari Rivaldo adalah ketika dia masuk dalam skuad DBL Selection 2012. Saat itu DBL Selection 2012 dikirim berangkat untuk belajar dan bertanding di ajang Christmas on The Coast International Challenge Tournament pada 20-23 Desember 2012 di Gold Coast, Queensland, Australia.

Nah, di akhir Christmas on The Coast International Challenge Tournament, nama Rivaldo terpilih masuk All-Star 5 Players. Namanya bersanding dengan beberapa student athlete berprestasi dari negara lain. Yakni: Jaze Morris (Gold Coast All-Star), Archie Smith (The Crusaders), Sasha Lomakin (Gold Coast) dan Ng Cheng Toong (Malaysia Petronas).

Karir basket Rivaldo mulai terlihat saat berhasil membawa SMA Santu Petrus Pontianak menjadi jawara Honda DBL West Kalimantan Series 2012. Di musim itu ia terpilih sebagai jajaran first team Honda DBL.

Otomatis, cowok yang akrab disapa Aldo ini pun berhak berangkat ke Surabaya untuk mengikuti seleksi di Honda DBL Camp bersama ratusan pemain basket lainnya dari seluruh Indonesia. Dan dia bisa lolos dari seleksi super ketat itu. Dua tahun berturut-turut! (*)

Baca juga berita-berita tentang Rivaldo Tandra di DBL.id: 

Profil Skuad All-Star 2012

Ini Tips Rivaldo Tandra Buat Mainbasket Bareng KFC Kategori 3x3

Ini Dia Sandy Ibrahim dan Rivaldo Tandra Alumni DBL di Timnas 3x3 Indonesia

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY