ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Elena Delle Donne adalah bintang basket putri Amerika Serikat (AS). Selama 7 musim (2013-sekarang) tampil di WNBA, pemain berposisi small forward ini punya catatan menakjubkan dalam free throw.

Sampai saat ini dia menjadi pemain dengan rata-rata free throw terbaik dalam sejarah NBA maupun WNBA. Total dia mampu membukukan rata-rata free throw mencapai 93,4 persen. Mengalahkan Stephen Curry yang memegang rata-rata free throw terbaik di NBA dengan 90,5 persen. Berikut 7 tips melakukan free throw ala Elena Delle Donne.


1. Cari titik tengah
Pemain berusia 30 tahun ini mengaku punya kebiasaan berdiri tepat di titik tengah garis free throw. Biasanya di setiap lapangan ada tanda-tanda khusus tersendiri untuk menunjukkan bahwa kamu memang tepat sedang berada di tengah sebelum melakukan free throw.

2. Lakukan 3 kali dribble
Setelah sudah tepat berdiri di tengah dan wasit telah memberikan bola kepadamu, lakukan tiga kali dribble terlebih duhulu.

3. Cari lubang pin
Setelah itu pastikan kamu memegang bola dengan posisi siap menembak dengan telunjuk tangan kananmu memegang lubang pin. Ini adalah lubang yang biasanya untuk memompa bola.

4. Bentuk sudut 90 derajat.
Sebelum menembak, majukan posisi tanganmu ke depan sampai siku kanan membentuk sudut 90 derajat.

5. Tekuk lututmu
Setelah itu tekuklah lutut. Tapi jangan lupa pastikan posisi tubuhmu tetap lurus.

6. Angkat, gerak, dan lepaskan
Nah, ini puncaknya. Sembari perlahan meluruskan lutut, angkat tanganmu sembari menggerakkan pergelangan tangan untuk membuat tumpuan kekuatan dalam menembak.

Di waktu yang sama pastikan pergelangan kakimu juga melakukan ayunan maksimal untuk menambah power tembakan. Ketika ayunan pergelangan kakimu maksimal, lepaskan bola ke arah ring. Kalau memungkinkan, jangan sampai melompat.

7. Yakinkan diri sendiri
Saat bola mulai lepas dari tangan, pastikan dirimu meyakini bola akan masuk. Teknik ini telah dipraktekkan Della Done selama satu dekade lebih.

Dia juga mempraktekkannya ribuan kali di latihan. Karena bagaimanapun, sebaik apapun tekniknya, melatihnya di luar pertandingan tetap menjadi hal yang palin penting. Btw, DBL Play juga punya video agar latihan free throw-mu lebih optimal nih. Simak videonya di bawah ini.

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY