ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Zion Williamson Vertical Jump (Source: Zionwilldunk.com)

Para pemain basket di Indonesia terutama kita yang masih bermain di tingkat pelajar seringkali memiliki kendala pada postur. Banyak pemain smallman yang berposisi sebagai guard kesusahan menghadapi para bigman lawan.

Sebenarnya, kalian para smallman tidak perlu minder. Ada beberapa cara untuk bisa menghadapi kokohnya dominasi bigman lawan. Salah satunya adalah dengan melatih vertical jump.

Sebagai pemain smallman, vertical jump sangat berguna saat kalian ingin melakukan jump shoot dengan penjagaan ketat bigman lawan. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan manfaat latihan vertical jump ini saat melakukan rebound atau block shot.

Pada akhir artikel ini kalian juga bisa tonton video tricky tricks episode ‘Vertical Jump’. Tetapi sebelum itu simak tips di bawah ini ya.

1. Latihan lompat dengan skipping

Sebelum kalian mencoba untuk melompat tinggi. Cobalah untuk melatih otot telapak kaki dan lutut dengan melakukan skipping atau lompat tali.

Lakukan latihan ini dengan konsisten agar tumpuanmu juga terbiasa untuk melakukan lompatan. Dengan melakukan skipping kalian juga bisa meminimalisir terjadinya cedera.

 

2. Step-Up (Lompat ke atas)

Setelah terbiasa, kalian bisa mulai mencoba melakukan step-up. Gerakan step-up ini adalah gerakan seperti melangkah di udara. Jika diperhatikan gerakan ini hampir sama dengan step saat melakukan lay-up. Pastikan arah lompatanmu ke atas bukan ke depan. Hal ini sekaligus untuk melatih kemampuan take-off dengan satu kaki dan mendarat dengan tumpuan yang kuat.

 

3. Melakukan calf raise

Calf raise sejatinya hampir sama dengan jinjit. Perbedaanya adalah calf raise tidak mengangkat tumit terlalu tinggi. Selain itu calf raise mengharuskan badanmu untuk condong sedikit ke depan. Latihan ini digunakan untuk melatih otot betis dan telapak kakimu.

 

4. Perkuat otot perut

Untuk melakukan lompatan yang tinggi pastinya kamu harus memiliki otot perut yang kuat. Teruatama untuk kamu yang hobi melakukan jump shot tinggi dengan waktu delay di udara yang lama.

Kamu bisa melatih otot perut dengan melakukan gerakan sit up atau pull up.

Agar penjelasan ini semakin mudah dimengerti. Yuk, tonton video tricky tricks di bawah ini. Coach Dimas Muharri dan Jarron Crump akan mempraktekannya.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)