ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Cedera adalah hal yang akrab dengan atlet. Kamu memang bisa menangkalnya. Tapi jika sudah terlanjur, berikut adalah nutrisi-nutrisi yang bisa membuatmu cepat pulih dari cedera. Tips-tips ini pernah diulas oleh stack yang disarikan dari penjelasan Katie Knappenberger. Dia seorang asisten profesor dan pelatih atletik di Daytona State College, Florida.

1. Perbanyak kalori
Banyak atlet yang mengurangi asupan makanan saat sedang cedera. Itu salah besar. Justru itu akan mengurangi kondisi fisikmu. Tubuh malah membutuhkan 30 persen lebih banyak kalori dari biasanya untuk sembuh dari cedera.

2. Kumpulkan protein
Protein bukan hanya mengembalikan kondisi otot setelah latihan keras. Protein juga berfungsi memperbaiki tulang, ligamen, dan tendon. Protein juga punya peran penting untuk membentuk sel-sel baru dalam tubuh.

3. Omega 3 kurangi peradangan
Cedera hampir selalu berkaitan erat dengan peradangan. Omega 3 adalah salah satu zat yang bisa diandalkan untuk menangkal peradangan di bagian tubuh yang mengalami cedera. Kalian bisa mendapatkan kandungan ini di minyak ikan. Atau kamu juga bisa makan ikan-ikan segar seperti tuna atau salmon.

4. Perbaikan lewat vitamin c
Vitamin c adalah nutrisi penting untuk membantu pembentukan kembali bagian tubuh yang luka, membentuk sel darah, maupun membentuk sel tulang baru. Minum dan makanlah makanan yang mengandung vitamin c dengan cukup setiap hari untuk mendapat manfaat-manfaat tersebut.

5. Vitamin A perangi infeksi
Vitamin A mampu membangun kembali otot-ototmu yang rusak. Selain itu, zat ini juga bermanfaat membentuk sel darah putih baru. Ketika kamu cedera, tubuhmu mengaktifkan sistem imun yang memproduksi sel darah putih untuk mencegah infeksi.

6. Flavonoid tangkal kerusakan sel
Ini adalah zat yang mengandung antioksidan tinggi dan menghindari kerusakan sel dan menangkal peradangan. Teh, buah-buahan, dan sayur-sayuran adalah makanan yang banyak mengandung zat ini.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY