ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Coach Tika (tengah) ketika berada di Mamba Academy saat DBL All-Star ke Amerika

Himbauan buat #dirumahaja bukan berarti menurunkan produktivitas kita. Yaps, ini cuma beda tempat aja kok. Biasanya belajar di sekolah. Latihan di lapangan. Atau nonton ke bioskop, semua sekarang dilakuin di rumah.

Nah, Athini Mardlatika, coach Honda DBL Indonesia All-Star 2019 dari SMA Al-Izhar Ponok Labu punya metode untuk anak asuhnya biar tetap bugar menjaga fisik di rumah.

Jadi, selain belajar kalian tetap bisa exercise juga di rumah. Berikut ini porsi latihan fisik yang bisa dilakukan rutin tiap hari di rumah.

Push Up

Tentu buat nguatin bagian lengan tangan biar kuat nembak bola, gerakan ini harus jadi santapan kalian semua. Yaps, dengan push up 15 kali dalam 3 set, gerakan ini cukup membuat masa otot kalian terbangun.

Core muscle itu penting banget dimiliki pemain basket. Soalnya akan pengaruh ke kelincahan dan kuat secara fisik,” papar Tika.

 

Sit Up

Gerakan ini terfokus pada bagian perut. Coach Tika biasa memberikaan materi ini pada anak asuhnya sebanyak 15 kali dilakukan dalam 3 set. Pengaruh dari sit up ini lebih ke membentuk daya tahan tubuh, biar bisa menyeimbangkan bagian tubuh lainnya. "Sit up juga salah satu otot inti buat memperkuat kita buat lakuin jump shoot," terang Tika.

 

Lunges

Seorang pebasket harus memiliki pijakan kaki yang kuat di lapangn. Karena itu, gerakan lunges bisa membantu membentuk bagian kaki. Dengan melakukannya sebanyak 15 kali dalam 3 set otot-otot paha kalian akan terasa lebih berkembang. “Semua gerakan ini penting, soalnya otot-otot ini paling sering digunakan dalam olahrga basket,” cetus coach berusia 25 itu.

Plank

Selain sit up, gerakan yang satu ini juga bisa berpengaruh untuk otot perut. Ketika kalian mencoba plank, perut akan terasa seperti tertekan. Kondisi ini menandakan otot sedang bereaksi terhadap gerakan. “Plank ini banyak variasinya, cukup dengan durasi 1 menit, ini bisa pengaruh ke massa otot dengan dilakukan secara rutin,” tuturnya.

Side Plank

Nggak jauh beda, gerakan side plank sebenarnya merupakan variasi dari gerakan plank. Gerakan ini terfokus pada otot perut bagian samping. Selain itu, gerakan ini juga bisa menguatkan bagian bahu, dan juga pergelangan tangan. Karena bagian tangan juga jadi tumpuan saat melakukan side plank. “Ini bisa dilakukan 1 menit dengan 2 kali gerakan, bagian kanan dan bagian kiri,” pungkasnya.

Bridging

Kalau gerakan satu ini, akan berpengaruh ke bagian otot bokong kalian. Buat yang belum familiar, gerakannya cukup mudah kok. Posisi kalian dalam keadaan berbaring dengan menekuk kedua kaki. Lalu tahan tubuh bagian tengah dengan mengayunkan pinggul ke atas. “Perkuat semua otot agar bisa terhindar dari cedera. Lakuin bridging sebanyak 15 kali dalam 3 set,” tungkasnya.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)