ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Stephen Curry (Source: Bleacher Report)

Walau terkadang memiliki postur kecil, para pemain berposisi point guard tak bisa begitu saja diremehkan. Mereka seringkali menjadi tulang punggung serangan tim. Seorang point guard yang baik harus memiliki kemampuan dribbling, passing, dan shooting yang mumpuni. 

Berhubung sekarang sedang terjadi masa pandemi Coronavirus, pasti porsi latihan kalian dengan tim jadi berkurang kan? Nah untuk itu di bawah ini ada beberapa drill yang bisa kamu lakukan di rumah agar kamu bisa menjadi point guard yang handal.

1. Ball Handling

Selain dasar dribble, kemampuan ini juga wajib banget dimiliki oleh pemain point guard. Kalian bisa melakukannya di halaman rumah dengan bola basket yang kalian punya. Drill ini bisa membuat kemampuan dribble kalian susah untuk mendapat steal dari lawan.

2. Passing

Mungkin latihan passing biasa kita lakukan ketika berlatih bersama tim. Akan tetapi kamu juga bisa belajar cara-cara passing yang benar dengan memantulkan bola ke dinding.

Jangan lupa untuk ambil jarak yang sedikit jauh agar kamu bisa mengukur seberapa cepat passing-mu. Chest pass, overhead pass, atau bounce pass semua bisa dilakukan.

 

3. Fade Away

Cara yang satu ini merupakan salah satu cara finishing yang baik untuk pemain berpostur kecil. Dengan melakukan fade away shoot kaliN bisa melatih kemampuan finishing-mu saat dijaga ketat oleh bigman lawan. Mengingat pada permainan basket modern, seorang point guard atau playmaker juga harus dilengkapi dengan kemampuan finishing yang baik.

 

4. Jelly Lay-Up

Sala satu cara lain dalam melakukan finishing adalah layup. Akan tetapi layup yang satu ini tidak biasa. Para point guard biasanya melakukan drive sambil menggunakan cara ini untuk menghindari block lawan.

Dalam melakukan jelly layup diperlukan otot perut dan feeling yang kuat. Memang gerakan ini tak selalu bisa dilakukan. Namun dalam situasi genting biasanya poin-poin yang tercetak lewat gerakan tak terduga. Hal itu tentu bisa menjadi suntiikan semangat bagi timmu.(*) 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY