ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tidur yang berkualitas bisa membantu kalian tampil lebih baik selama kompetisi berjalan. Tidur yang berkualitas juga membantu kalian pulih lebih cepat dari cedera. Menurut sebuah studi dari University of Michigan, selain baik untuk tubuh, tidur membantu pikiran kita lebih jernih.

Berikut pedoman yang bisa membantu kalian menciptakan tidur yang berkualitas:

1. Terapkan waktu tidur dan jam bangun yang teratur. Dengan jadwal yang konsisten, dapan membantu kinerja tubuh agar tetap seimbang.

2. Pastikan kamar kalian gelap, sunyi, dan sejuk.

3. Pastikan tempat tidur, selimut, seprai, dan bantal bisa membuat kalian nyaman saat tidur.

4. Jauhkan alarm dari tempat tidur kalian. Sebab, bunyi alarm akan membuat tubuh kurang fit saat bangun.

5. Hindari kegiatan seperti menonton film, membaca buku, bermain game, dan mendengarkan musik secara intens setidaknya satu jam sebelum tidur.

6. Hindari penggunaan sosial media dan browsing secara berlebihan sesaat sebelum tidur. 

7. Matikan televisi sebelum tidur karena dapat mengganggu tidur kalian.

8. Jika kalian sulit tidur, lakukan kegiatan santai 20-30 menit sebelum tidur. Cobalah untuk mengatur pernafasan dan teknik relaksasi.

9. Usahakan kalian melakukan olahraga yang cukup pada sore hari. Akan tetapi hindari melakukan olahraga dekat dengan waktu tidur.

10. Berikan kamar kalian ruang untuk mendapat paparan sinar matahari saat pagi hari. Dan hindari paparan cahaya terang sesaat sebelum tidur.

11. Jangan gunakan tempat tidur kalian untuk beraktivitas. Seperti membaca, makan, bermain laptop, atau menonton film.

12. Pertimbangkan untuk menghindari tidur siang. Karena itu akan mengganggu jam tidur malam kalian.

13. Hindari makanan seperti keju, rempah-rempah, dan daging asap menjelang tidur. Sebab makanan ini akan membuat kalian tetap terjaga.

14. Hindari mengonsumsi kafein menjelang waktu tidur. Terutama empat hingga enam jam sebelum tidur. Karena kafein adalah stimulan yang dapat mengganggu jam tidur kalian.

15. Jangan terlambat makan berat dalam waktu tiga jam sebelum tidur.

16. Jangan mengonsumsi cairan berlebih dalam waktu dua jam sebelum tidur. Hal ini bisa membantu kalian agar tak sering ke kamar mandi di malam hari.(*)

Yuk beli kaus 'DBL Region' dari Mainbasket untuk Bersatu Saling Bantu Penanganan COVID-19. Selengkapnya klik banner di bawah ini..

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY