ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Terkadang, ada beberapa orang yang galau ketika mau workout saat buka puasa. Bukan tanpa alasan, umumnya mereka takut nggak kuat dan berujung lemas atau bahkan pingsan.

Nah, nggak usah khawatir, kali ini DBL.id bakal kasih kamu tips waktu workout selama bulan puasa yang bikin hasilnya optimal. Yuk simak!

1. Latihan Ringan Sebelum Berbuka

Buat kamu yang suka workout sebelum berbuka puasa, sangat disarankan untuk tidak terlalu berlebihan dan jangan lebih dari satu jam ya. Sebab, kondisi tubuh yang sedang kosong sangat tidak baik untuk melakukan workout yang terlalu berat.

Selain itu disarankan agar berdekatan dengan azan magrib. Sehingga kalian bisa langsung mengisi kehilangan energi saat workout di sore hari. Untuk berbuka, kamu bisa mengkonsumsi air putih dan kurma agar energimu cepat kembali.

 

2. Cardio Sebelum Sahur

Buat kamu yang pengen latihan kardio seperti sebelum ramadan, disarankan melakukannya saat sebelum sahur. Sebab berlatih saat sedang berpuasa apalagi saat di siang hari bisa meningkatkan potensi dehidrasi di otot sebesar 3 persen. Dampaknya, membuat kekuatan tubuhmu menurun 12 persen. Oleh karena sangat tidak disarankan melakukan latihan kardio di siang hari. 

Cardio sebelum sahur sangat baik karena tubuhmu dalam posisi berenergi setelah mengkonsumsi makanan saat berbuka puasa. Lalu setelah workout, berilah waktu 10 menit untuk rest dan kamu bisa makan sahur untuk melanjutkan puasamu.

 

3. Tiga Jam Setelah Berbuka untuk Latihan Berat

Menurut Jurnal "The Optimal Time of Day for Training during Ramadan: A Review Study" yang dilakukan oleh Hamdi Chtourou, waktu yang paling ideal saat workout di bulan Ramadan adalah tiga jam setelah berbuka.

Berdasarkan penelitiannya, pada dua hingga tiga jam setelah berbuka, kondisi tubuh sudah mulai kembali berenergi dan mampu melakukan latihan yang beratnya sama dengan sebelum berpuasa. Sehingga, pada jam ini sangat cocok buat kamu yang akan melakukan latihan berat selama di rumah.(*)

Btw, kalau kalian lagi cari kebutuhan barang-barang olahraga, tapi gak bisa keluar rumah, belanja aja di DBL Store. Ada program program gratis ongkir #dirumahaja. Selengkapnya klik banner di bawah ini:

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY