ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Suporter SMAN 9 Surabaya atau yang lebih akrab dipanggil Songomania dikenal dengan kreativitasnya yang luar biasa. Aksi tribun mereka yang atraktif dan kreatif di pentas Honda DBL East Java Series selalu dinanti. Tak hanya dari segi koreo, mereka juga punya puluhan chant yang selalu dinyanyikan saat tim basketnya berlaga. Tanpa henti sepanjang tim kebanggaan berlaga di lapangan. Nonstop 4 x 10 menit.

Difanda Cerio Putra, koordinator sekaligus anggota tim basket dari SMAN 9 Surabaya bercerita bahwa setiap angkatan Songomania punya tradisi membuat chant untuk sekolahnya.

"Jadi ada kenangannya. Misal angkatanku itu bikin lagu yang mana. Terus kalau angkatan 2013 itu lagu yang mana," ujar Canda -sapaan akrabnya-.

Ia bercerita bahwa untuk membuat sebuah chant, tim kreatif Songomania akan membawa beberapa rancangan lagu lengkap dengan lirik dan nadanya. Lalu, lagu-lagu tadi akan di musyawarahkan terlebih dahulu dengan anggota lainnya. Untuk  menentukan chants  mana yang akan dipilih dan akan dikembangkan lagi.

Untuk pemilihan lirik, ada beberapa hal yang diperhatikan oleh suporter SMAN 9 Surabaya. Yaitu lirik yang digunakan harus membakar semangat, sehingga tidak membuat para pemain semakin terpuruk apalagi ketika dalam keadaan tertinggal. Setelah fix, lagu tersebut akan direkam dan disebarkan ke para siswa-siswi warga SMAN 9 Surabaya.

"Contohnya seperti 'bangkit berdiri demi lambang didadamu. teruslah bersinar sembilanku'. Nah liriknya akan semakin ngena ketika dinyanyikan dengan suara lantang. Yang terpenting adalah lirik yang dinyanyikan tidak boleh menyalahkan pemain tentang performanya di lapangan," tambah Canda.

Selain lagu penyemangat, Canda dan Songomania juga punya lagu yang memiliki makna terima kasih karena berjuang. Lagu-lagu yang diciptakan ini digunakan ketika tim kebanggaan mereka kalah. Tujuannya adalah untuk mengapresiasi perjuangan yang telah mereka lakukan. Karena, bagi Songomania kalah dan menang merupakan hal yang biasa terjadi di lapangan. Namun, perjuangan mereka hingga titik darah penghabisan adalah hal yang luar biasa.

"Dengan lagu yang banyak, capo jadi mudah untuk memberikan instruksi menyanyikan lagu apa. Karena, lagu yang dinyanyikan juga harus disesuaikan dengan kondisi dan mood pemain di lapangan," ujar Canda. 

Agung Sunarko, Pelatih SMAN 9 Surabaya dalam artikel Arti Kehadiran Songomania untuk Coach Asun juga menjelaskan bahwa lagu-lagu yang dinyanyikan oleh suporter SMAN 9 Surabaya juga punya dampak magis yang bagus ke mood para pemain. “Sebagai suporter, efek yang mereka berikan ke tim sangat besar,” ucapnya.

“Tensi permainan kami memang tinggi. Ketika anak-anak sudah capek, kemudian mereka mendengar dukungan suporter, anak-anak menjadi lebih bersemangat lagi,” tutup eks pemain CLS Knights Indonesia dan Satria Muda Jakarta itu. (*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY