ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

(Foto: Zomato)

Saat akan berolahraga, tubuh membutuhkan bahan bakar tambahan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Nah, agar semakin optimal, kamu wajib memperhatikan waktu dan jenis makanan atau minuman yang kamu konsumsi loh! Bahkan, salah makan bisa membikin tubuhmu mengalami gangguan.

Nah menurut David Wiener, training and nutrition specialist at fitness app Freeletics, ada beberapa makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari saat akan melakukan olahraga berat. Apa aja sih?

1. Minuman Bersoda

foto: Fodors

Jenis minuman yang satu ini memang sangat menyegarkan. Tapi, kalau kamu berolahraga, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya. Bukan tanpa alasan, soda yang ada di dalam minuman ini bisa menyebabkan kamu kembung dan mual. Bahkan bisa bikin perutmu kram loh!

2. Makanan Pedas

Ada yang bilang kalau nggak lengkap rasanya makan tanpa sambal. Hal ini nggak apa kok. Tapi sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi saat akan berolahraga.

Selain punya potensi bikin kram, makanan pedas juga bisa membuat perutmu berkontraksi dan menyebabkan mulas. Hal ini tentu bisa bikin kamu terganggu karena khawatir BAB saat akan bermain.

3. Makanan atau Minuman yang Berlemak

foto: Insider

Makanan dengan kandungan lemak seperti susu, keju, dan yogurt memang bagus untuk tubuh. Namun sebisa mungkin dikonsumsi setelah workout untuk hasil yang maksimal.

Salah satu hal yang terjadi ketika kamu mengkonsumsi jenis makanan tersebut sebelum berolahraga adalah membuat perut kembung akibat asam lambung yang naik saat kamu berolahraga. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamananmu saat berolahraga.

4. Makanan dengan Serat yang Tinggi

foto: biggerbolderbaking

Pasta, oats, dan roti gandum menjadi salah satu makanan favorit yang biasanya dikonsumsi sebelum berolahraga. Namun ada satu catatan yang wajib kamu perhatikan. Makanan dengan karbohidrat dans erat yang tinggi seperti ini tidak boleh dikonsumsi terlalu mepet dengan olahraga. Sebisa mungkin dua jam sebelum berolahraga.

Hal ini dikarenakan makanan-makanan ini lebih lama dicerna dan diproses oleh tubuh. Ketika kamu memaksa makan dan berdekatan dengan jam olahragamu, yang ada perutmu akan kram.

Source: Cosmopolitan

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY