ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Cedera adalah hantu bagi atlet di beragam jenis olahraga. Wajar saja, cedera dapat membuat perkembangan karier atlet terhambat. Bahkan yang terburuk adalah sang atlet harus pensiun dini karena cedera.

Tapi, bukan berarti cedera tidak bisa dihindari maupun disembuhkan. Baik dengan pemanasan yang baik untuk langkah pencegahan ataupun terapi untuk memulihkan atlet dari cedera.

Nah, selain terapi untuk menyembuhkan cedera, ternyata para atlet juga harus memperhatikan asupan makanannya loh. Sebab, makanan yang masuk ke dalam tubuh ternyata sangat berpengaruh, dalam proses recovery buat atlet.

Berikut ini makanan yang bisa kalian konsumsi, jika kalian diterpa cedera dan dalam tahap penyembuhan:

1. Yoghurt dan Brokoli

Dua makanan ini sangat bermanfaat buat membantu pemulihan cedera otot pada bagian paha atau hamstring. Sebab, baik yoghurt dan brokoli mengandung protein dan kalium untuk perbaikan otot. Selain itu ada juga antosianin (senyawa tumbuhan) untuk mengurangi peradangan pada otot.

2. Salmon dan Sarden

Ketika terkena cedera, seorang atlet akan mengalami peradangan otot. Agar mempercepat ke tahap pengembangan otot, seorang atlet harus mengonsumsi jenis ikan. Seperti salmon ataupun sarden.

John Berardi, seorang ahli fisiologi olahraga dan nutrisi dari University of Western Ontario menyebutkan karena ikan mengandung zat anti peradangan yang baik unutk otot. "Jangan terlalu banyak, karena kalau berlebih dapat menyebabkan kerusakan tambahan," ucapnya.

3. Burger Rendah Lemak dan Kiwi

Dikutip dari mensjournal dua makanan ini bisa membantu atlet menyembuhkan luka pada otot. Sebab, kedua makanan ini disinyalir dapat mengahasilkan protein pada sel kulit dan perlindungan kolagen zat besi untuk mengoksidasi darah guna menenangkan jaringan ototo yang meradang.

Eits tapi, harus diingat daging burgernya harus 95 persen tanpa lemak dan pastikan menggunakan roti gandum. Sementara kiwi bisa juga dimakan sendiri sebagai camilan.

4. Buah Melon dan Semangka

Sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri atas cairan. Karena itu cairan dalam tubuh ini juga sangat berpengaruh untuk memperbaiki otot yang terkena peradangan.

Mengonsumsi kedua buah ini dapat menambah cairan yang ada dalam tubuh manusia. Selain itu kedua buah ini juga mengandung elektrolit seperti natrium, kalium, dan klorida untuk menjaga keseimbangan otot. (*)

Foto: Menjournal, bbc

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY