ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Foto: Mainbasket

Tidak bisa dimungkiri jika latihan fundamental merupakan salah satu program latihan yang cukup monoton. Tak ayal, banyak pemain basket level SMA yang terkadang merasa jenuh.

Padahal, bagi pemain profesional, latihan fundamental adalah yang paling penting. Bahkan, nominator MVP IBL 2020 Abraham Damar Grahita pun masih tetap melakukan latihan fundamental hingga sekarang loh!

"Kenapa fundamental itu penting? karena fundamental itu adalah hal yang paling dasar. Kalau sering lihat full game NBA, pasti bakal tau kenapa fundamental itu penting," ungkap pemain 24 tahun tersebut.

Ia menyontohkan ketika ada tight game. Dalam pertandingan yang sangat ketat, setiap pemilihan keputusan haruslah efektif. Namun, semua akan kurang maksimal jika seorang pemain tidak memiliki fundamental yang baik.

Pasalnya tiap gerakan fundamental bukan hanya sekadar melakukan gerakan basket. Namun memaksimalkan gerakan basket. Dampaknya bisa meningkatkan akurasi, agility, control bola, bahkan eksplosivitas gerakan.

"Makanya kalau mau belajar fundamental basket dari pertandingan NBA jangan dari highlight-nya saja. Sebisa mungkin nonton full game biar dapat gambaran lebih detail kenapa fundamental benar-benar krusial," tambahnya.

Abraham memberikan pesan bagaimana cara mengatasi jenuh saat melakukan latihan fundamental. Caranya dengan bertanya kepada diri sendiri.

"Waktu jenuh dan gairah latihan mulai berkurang, tanya dirimu sendiri. Goal-nya apa? Kenapa main basket? Kalau punya goals dan tahu kenapa main basket, pasti semangat bakal tumbuh lagi," pesannya. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY