ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Basket merupakan olahraga yang bertumpu pada tangan dan juga kaki. Untuk itu, kalian wajib banget melatih fundamental basket supaya bisa meningkatkan skill individu ketika bertanding. Nah, fundamental basket sendiri itu banyak banget.

Salah satunya soal latihan tangan kalian, termasuk melatih hand grip atau daya cengkram tangan ketika memegang bola basket. Loh emang hand grip penting banget di basket? Jawabannya iya dong, penting.

Soalnya daya cengkram tangan kalian ini bakal berpengaruh ke performa kalian ketika bermain basket. Apalagi ketika cengkraman tangan kalian kuat, maka bisa membuat bola nempel terus di tangan.

Gerakan memegang bola yang bagus itu perlu kekuatan, kecepatan, dan akurasi. Otot-otot upper extremity jadi tumpuan utama soal hand grip ini. Terutama pada kekuatan otot telapak tangan dan jari.

Dikutip dari jurnal National Center for Biotechnology Information (NCBI) tentang efek melatih otot telapak tangan dan jari, sangat berpengaruh pada lima hal. Yaitu untuk dribble, catching the ball, shooting, layup, dan juga dunk.

Dalam jurnal tersebut dikatakan bahwa kekuatan genggaman, berhubungan dengan kekuatan ekstremitas otot atas. Kekuatan genggaman adalah hasil dari gerakan lentur dari semua sendi jari dengan kekuatan maksimum yang dihasilkan dalam kondisi biokinetik secara normal.

Sebaliknya, kalau hand grip kalian nggak dilatih dengan baik dampaknya bakal kurang bagus ke performa kalian ketika bertanding. Seperti, bola gampang lepas karena jari nggak kuat nahan berat dan gerakan bola. Lalu juga berpengaruh ke arah bola yang ngak akurat karena jari terlalu loyo saat finger roll maupun finger release.

Begitupun dengan power yang nggak maksimal ketika passing, shooting, maupun dribbling. Dan pastinya daya cengkram yang kurang bagus bisa bikin kalian gagal nge-dunk, duh nggak keren kan. Bahkan kurangnya hand grip bukan cuma berdampak ketika kalian masih aktif main basket loh

Dalam jurnal Fakultas Sains dan Kesehatan Universitas Jyväskylä Finlandia yang dibuat Tania Rantanen Ph.D beserta tim, menyebutkan daya cengkram yang kurang maksimal juga punya pengaruh untuk kehidupan masa tua kalian.

“Di antara pria sehat berusia 45 hingga 68 tahun, kekuatan cengkeraman tangan sangat memprediksi keterbatasan fungsional dan kecacatan 25 tahun kemudian. Kekuatan otot yang baik di usia paruh baya, dapat melindungi orang dari kecacatan usia tua dengan memberikan margin keamanan yang lebih besar di atas ambang batas kecacatan”.

Hmm, ngeri banget kan? Nah untuk itu kalian bisa melatih finger strength supaya genggaman tanganmu lebih kuat. Dengan cara melakukan fingertip push up atau push up dengan bertumpu pada 10 jari kalian. Yang lebih simpel lagi, kalian bisa gunakan ball squeeze untuk melatih kekuatan jari kalian. Serta kalian juga bisa lakukan towel grip pull-up seperti contoh video di sini.

Nah, itulah rahasia biar bola bisa terus nempel sama tangan kalian. Nggak mau kan, minute play kalian cuma sedikit karena sering turn over gara-gara bola kelepas terus dari tangan kalian….(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY