ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kobe Bryant memang telah meninggalkan kita semua. Tapi, kehebatannya selalu teringat sepanjang masa. Apalagi, kalau Kobe udah mengeluarkan jurus fake shoot-nya di lapangan. Behhh, bahaya deh, dijamin lawan pasti terkecoh. Nah, di salah satu episode Tricky Trick di kanal YouTube DBL Play coach Dimaz Muharri dan coach Firman mengulas soal Kobe move ini.

Untuk melakukan hal ini sebenarnya nggak susah banget kok. Kuncinya, kalian mesti menguasai fundamental basket dulu. Sebab, gerakan ini emang masuk dalam kategori advance skill atau pengembangan dari basic skill kalian. Dalam episode Tricky Trick itu, coach Dimaz menjelaskan ke dalam tiga bagian.

Pertama, kalian coba lakukan fake shoot dengan penyelesaian akhir under basket. Caranya adalah dengan melakukan drive cepat, kemudian berhenti secara tiba-tiba lalu buat gerakan seolah-olah kalian ingin menembak bola. Ketika defender lompat karena terkecoh, baru selesaikan under basket dengan mulus.

“Ingat, timing paling penting, saat defender udah mau mendarat, kamu harus langsung segera finishing,” ucap coach Dimaz. Selain finishing dengan under basket, kalian juga bisa melakukan variasi gerakan fake shoot lainnya. Yaitu penyelesaian akhir dengan sky hook atau fade away. Secara basic, gerakan ini nggak jauh beda dari gerakan sebelumnya.

Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah ketika kalian melakukan spin move untuk mengambil kuda-kuda buat penyelesaian akhir dengan sky hook atau fade away. Gerakan finishing ini cukup tricky. Sebab, kalian mendarat hanya dengan satu kaki. Terutama ketika fade away.

Setelah berhenti secara tiba-tiba untuk fake shoot, kalian lakukan spin. Untuk sky hook setelah memutar, kalian bisa lambungkan bola buat mengelabui lawan. Sementara ketika fade away, sesudah gerakan memutar kalian ambil satu step ke belakang atau sedikit menjauh dari defender dan langsung lakukan tembakan buat finishing.

Nah, ketika fade away ini yang kalian harus latih dengan baik footwork kalian. Soalnya, di sini kalian hanya mendarat dengan satu kaki saja. Akan sangat berbahaya jika tidak sering melakukan repitisi berlatih gerakan kaki kalian. “Terus dilatih, gerakan mendarat satu kaki sangat berbaya jika tak dilatih dengan baik,” tandas coach Dimaz.

Dan bagian yang terakhir adalah soal Kobe move. Gerakan ini merupakan pengembangan dari dua gerakan sebelumnya. Ketika melakukan Kobe move ada tiga kombinasi gerakan. Yaitu fake shoot, spin move, dan reverse lalu finishing. Yang perlu dicatat dari gerakan ini adalah perhatikan posisi kaki kalian.

Pastikan satu bagian kaki kalian (baik kiri maupu kanan, tergantung situasi) bisa melindungi bola. Lalu putar bagian kaki dalam untuk spin, ketika lawan mendekat, lakukan reverse dengan menggunakan kaki yang pivot sebelumnya untuk melakukan finishing tanpa penjagaan.  “Ketika defender kesulitan menjangkau gerakan kita, lakukan finishing dengan under basket,” cetus coach Firman. (*)

Nah, selengkapnya kalian bisa simak di episode Tricky Trick di kanal YouTube DBL Play di bawah ini!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY