ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Stephen Curry (source: Under Armour)

Dalam permainan basket banyak banget trick yang bisa dipelajarin loh, buat menghindar dari penjagaan defender. Seperti Stephen Curry, pemain dari Golden State Warriors yang kerap menipu lawan dengan pergerakannya.

Nah, di salah satu video tricky trick, coach Dimaz Muharri dan coach Firman menjelaskan, dua gerakan buat “menghilang” dari penglihatan lawan. Yaitu dengan melakukan shift dribble dan hesitation move.

Sebenarnya apa sih shift dribble dan hesitation move ini? Sederhananya, dua gerakan ini merupakan langkah buat menipu lawan ketika offender berada dalam penjagaan musuh. Untuk shift dribble ini sendiri langkah perpindahan adalah ke samping. Ketika sudah melakukan pergerakan ke samping, kalian tetap harus melihat pergerakan dari defernder.

Soalnya, setelah lawan terkecoh kalian bisa tentukan gerakan selanjutnya buat attack basket dan lakukan finishing. “Nantinya kalian bisa langsung drive ke dalam, atau kalau lawan nggak terkecoh, kalian bisa variasikan lagi dengan crossover, between the leg, behind the back, dan spin move,” ucap coach Dimaz.

Namun, ada juga defender yang ngggak mudah terkecoh dan justru mengambil langkah ke belakang untuk memberi jarak dengan offender. Jika kalian dalam situasi ini, jangan ragu buat ambil keputusan cepat. Segera lakukan shooting untuk penyelesaian akhir. “Jangan lakukan hal rumit dalam basket, jadi nggak ada gunanya nanti udah dapat jarak dari shift dribble,” timpal coach Dimaz.

Selain shift dribble, kalian juga bisa lakukan hesitation move. Gerakan ini merupakan tipuan seolah-olah kalian berhenti buat melakukan shooting. Padahal, kalian segera attack basket menuju ring. Coach Firman menjelaskan bahwa ketika melakukan hesitation move ini ada tga langkah utama.

Pertama adalah posisi tangan seakan-akan mau mengambil kuda-kuda untuk shooting. Lalu tetap stay low. Dan jangan lupa pandangan harus tetap tertuju pada ring basket. Ketika lawan bingung, segera ambil keputusan buat finishing. “Kalian juga harus explosive ketika hesitate,” timpal coach Dimaz. (*)

Biar bisa kalian praktekan langsung, boleh banget nih nonton video Tricky Trick ini selengkapnya di kanal YouTube DBL Play!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY