ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Masih ngomongin soal catch and shoot di YouTube DBL PlaySalah satu pemain basket profesional Indonesia, Daniel Timothy Wenas berbagi tips ketika menyelesaikan finishing dengan melakukan tembakan terarah. Sebagai shooter, Wenas memaparkan soal movement di area penyerangan lawan.

Dua gerakan itu adalah backdoor dan flare cut. Nah, pemain berusia 28  tahun itu menjelaskan, ketika melakukan gerakan backdoor, seorang offender harus cerdik melihat pergerakan lawan. Biasanya Wenas melakukan backdoor cutting ke area free throw. Tujuannya adalah agar terjadi one pass away dari teman setelah itu kalian bisa lakukan finishing dengan shooting.

“Posisi aku nggak tegak, sedikit lakukan kontak ke lawan, cutting, finishing,” tutur Wenas. Satu yang penting ketika melakukan backdoor cut adalah adanya change of pace. Yaitu dengan mengubah speed secara tiba-tiba, agar memberi kejutan buat defender. “Gunakan kaki luar untuk memberi dorongan perubahan speed kita,” timpal pemain Bali United Basketball itu.

Selain backdoor, Wenas juga memberikan tips buat finishing catch and shoot dengan melakukan flare cut. Sebelum melakukan gerakan ini, lagi-lagi offender mesti tahu posisi pemain bertahan lawan. Dari situ, offender bisa melakukan tipuan.

Dengan cara membawa defender ke pemain yang screen, lalu jika defender terlihat akan melakukan intercept, segera gerak berpindah tempat ke posisi corner untuk melakukan tembakan tiga angka.

Satu hal lagi, yang mesti dicatat juga, kalian harus melakukan change of pace ketika merubah posisi ke area corner. “Jadi, pancing defender, perhatikan bagian kaki, gunakan kaki bagian luar untuk mendorong supaya change of pace kalian cepat dan segera bergerak ke ruang yang kosong,” imbuh Wenas. (*)

Nah, biar kalian bisa semakin hebat, coba simak video soal cut and shoot tricky trick part kedua selengkapnya hanya di kanal YouTube DBL Play!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY