ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

(source: healthline)

Secara umum, tubuh manusia terdiri dari 80 persen air. Jadi kebutuhan buat mengonsumsi air itu jadi hal penting buat badan kita. Normalnya, tubuh manusia sendiri mengeluarkan cairan sebanyak 2,5 liter per harinya. Namun, di sisi lain, ketika cairan keluar dari tubuh kita, selama berpuasa kurang lebih 12 jam, kita tidak boleh mengonsumsi minum maupun makanan.

Padahal, tubuh kita tetap beraktivitas secara normal dan membutuhkan asupan cairan. Lalu gimana nih biar terhindar dari dehidrasi? Nah makanya coba deh atur pola minum kalian selama puasa. Jangan sampai, kena dehidrasi dan jadi batal deh di siang hari.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, setidaknya tubuh manusia itu mesti mengonsumsi minimal 8 gelas per hari. Kalau biasanya kalian bisa minum kapan aja pas lagi nggak bulan puasa, sekarang kalian bisa membaginya loh.

Dalam situs Kemenkes RI, menganjurkan membagi 8 waktu dengan minimal meminum satu gelas tiap waktunya selama puasa. Pertama tentu minum pas berbuka puasa, lalu setelah ibadah Maghrib. Diteruskan setelah makan malam, bersamaan juga setelah waktu ibadah Isya dan tarawih.

Jangan lupa minum juga segelas air sebelum tidur. Dan pastikan juga nih kalian minum pas bangun dan setelah sahur. 8 gelas air itu adalah jumlah minimal ya. Soalnya, tanpa disadari, kebutuhan air kalian juga sudah terpenuhi jika mengikuti anjuran tersebut. Tapi, kalau kalian konsumsi air lebih dari itu juga diperkenankan kok.

Air ini sangat penting buat tubuh. Soalnya selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh, air juga bisa membantu memaksimalkan kinerja fisik loh. Jillian Kubala, seorang pakar nutrisi dari Universitas Stony Brook, New York memaparkan bahwa dengan konsumsi air yang cukup, bisa membantu kita terhindar dari dehidrasi dan dampaknya yang nggak baik buat tubuh.

Jillian mengibaratkan seorang atlet yang kurang asupan cairan. Menurutnya, itu akan menggangu kinerjanya ketika berolahraga. “Hal ini dapat menyebabkan kontrol suhu tubuh berubah, motivasi berkurang, dan kelelahan meningkat,” ucapnya.

Pentingnya konsumsi air untuk tubuh juga berpengaruh loh buat kinerja otak kalian. Dilansir dari healhline.com banyak penelitian lain dengan subjek mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat merusak suasana hati, memori, dan kinerja otak.

Nah, jadi selama puasa jangan tergiur sama takjil yang seger-seger aja. Konsumsi air putih juga pelru banget loh buat tubuh. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY