ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Ilustrasi makanan pedas (Source: Healthline)

Hal terpenting ketika berpuasa adalah soal asupan makanan. Sebab, selama berpuasa selama kurang lebih 12 jam, kita semua nggak menerima asupan makan dan minum. Artinya, kesempatan makan dan minum, hanya ketika berbuka puasa maupun santap sahur. Nah, karena itu kalian harus optimalkan asupan, tanpa mengabaikan gizi yang seimbang.

Berbicara soal itu, Didit Pamungkas, pakar nutrisi DBL Academy memberikan kalian tips nih, soal makanan yang mesti dihindari ketika berbuka maupun sahur. “Secara garis, besar saat puasa hindari makanan yang terlalu manis, terlalu asin, terlalu berlemak, dan terlalu pedas. Konsumsilah makanan dengan gizi seimbang,” ucap coach Didit.

Tapi kan tubuh juga perlu asupan manis ketika berbuka? Yaps, kalau ada pertanyaan seperti itu memang benar. Namun, coach Didit mengingatkan janganlah mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. Ini kerap terjadi karena ketika berbuka kita semua suka lapar mata. Semua takjil dibeli, sampai akhirnya kekenyangan pas mengonsumsi beberapa makanan saja.

“Hindari makanan yang terlalu manis saat buka, karena dapat memicu gula darah dalam tubuh meningkat,” ucapnya. Coach Didit menyarankan, kalau konsumsi makanan manis sebaiknya yang memiliki pemanis alami. “Baiknya, makanan manis yang alami seperti buah,” imbuhnya.

Selain itu, coach Didit juga menegaskan hindarilah makanan yang berlemak tinggi. Contohnya seperti goreng-gorengan. “Hindari makanan dengan lemak tinggi, karena ketika kita makananan dengan lemak tinggi, akibatnya bisa memengaruhi metabolisme tubuh dan asupan nutrisi juga tidak seimbang, tentu itu akan pengaruh bagi tubu ketika berpuasa,” tegasnya.

Satu hal lagi yang mesti kalian catat nih. Ketika sahur, coba kurangi makanan yang terlalu asin. Menurut coach Didit hal itu bisa memicu tubuh mengalami dehidrasi, hingga kalian kekurangan cadangan air dalam tubuh.

Nah, bukan hanya itu, buat kalian yang doyan pedas, ini juga harus diperhatikan loh. Makanan yang terlalu pedas, dapat mengakibatkan gangguan dalam pencernaaan. Efeknya, akan mengganggu ketika berpuasa. Dan ketika sahur sebaiknya hindari banyak minum teh atau kopi.

Sebab, teh atau kopi bisa memengaruhi pencernaan kalian juga ketika berpuasa pada siang harinya. “Kedunya bersifat diuretik yang bisa membuat kita jadi sering buang air kecil nantinya,” pungkas coach Didit. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY